Inilah Cara Mengedit Foto Lewat Photoshop


Era dewasa ini, mengedit foto menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop bukanlah hal yang baru lagi. Adobe Photoshop adalah perangkat lunak untuk melakukan editing atau menyunting foto buatan Adobe yang memiliki kemampuan dan fitur lengkap. Lalu bagaimana cara mengedit foto lewat Photoshop?

Edit Foto Photoshop

Sebenarnya cukup mudah, pastikan perangkat lunak Photoshop telah ter-install di komputer atau laptop Anda. Jika belum, Anda dapat membeli lisensi perangkat lunak Photoshop untuk mendapatkan installer secara resmi dan legal.

Namun, banyak diantara kita yang masih menggunakan perangkat lunak Photoshop secara illegal atau bajakan. Anda harus menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, atau Windows 8 untuk dapat meng-install Photoshop. Selain Windows, Adobe Photoshop juga tersedia untuk sistem operasi Mac OS X.

Setelah perangkat lunak Adobe Photoshop ter-install atau terpasang di komputer atau laptop dengan baik, kemudian jalankan dengan melakukan double-click pada ikon atau shortcut Photoshop. Setelah Adobe Photoshop dijalankan, klik File kemudian pilih Open dan Anda dapat memilih foto mana yang akan diedit atau akan di-retouch.

Setelah foto yang diinginkan telah terbuka di Adobe Photoshop, Anda dapat lakukan pengeditan sesuai keinginan. Misalnya, Anda ingin mengambil bagian-bagian tertentu pada foto, Anda dapat menggunakan Crop Tools.
Photoshop juga memiliki beberapa jenis tool untuk melakukan seleksi foto untuk pengeditan tingkat lanjut.

Adobe Photoshop juga memiliki fasilitas untuk memberi efek secara instan pada foto yang sedang dibuka. Caranya cukup mudah, buka saja menu Filter dan Anda akan menemukan efek-efek canggih yang dapat diterapkan secara instan tanpa harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai fotografi.

Lalu, bagaimana cara mengedit foto lewat Photoshop agar menghasilkan efek yang keren seperti yang banyak ditemui di internet? Untuk melakukan hal tersebut, sebaiknya kita membeli buku tutorial Photoshop di toko buku terdekat. Setelah itu kita dapat praktekkan isi tutorial tersebut agar dapat menghasilkan efek atau editing yang diinginkan.

Ketika kita telah banyak mempelajari tutorial Photoshop, maka dengan sendirinya kita akan hapal atau bahkan mampu menciptakan teknik editing foto sendiri lewat Photoshop. Kuncinya adalah telaten dan sering berlatih menggunakan Photoshop, dengan semikian kita akan semakin terbiasa dan akhirnya menguasai cara mengedit foto lewat Photoshop.

Selanjutnya : Mengapa Konsep Dasar Pendidikan di SD Perlu Dipahami?
Sebelumnya: Cara Mengatasi Konflik Persahabatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar