Cara Mengedit Foto Memakai Photoshop


Banyak cara untuk mengedit foto. Salah satunya cara mengedit foto memakai Photoshop. Photoshop adalah sistem aplikasi software. Photoshop bisa digunakan untuk membuat banyak variasi tampilan foto yang unik dan berkualitas.

Photoshop diyakini sebagai software edit foto yang banyak kegunaannya. Karena itu, photoshop menjadi pilihan bagi banyak kalangan. Bila Anda juga tertarik pelajari dan kuasai cara kerja photosop ini. Caranya bisa secara otodidak, belajar dari teman yang sudah mahir, mengikuti kursus, atau mengikuti kuliah desain.

Berikut ini cara mengedit foto untuk mencerahkan dan memutihkan wajah

•    Langkah 1

Buka foto yang mau diedit dengan mengarahkan mouse ke Menu Bar: File-Open. Lalu cari File yang mau diedit.

•    Langkah 2

Duplikasi Layer Background dengan cara menekan Tombol [Ctrl] + [J] di Keyboard. Pada pallete layer terbentuk Layer baru bernama Background Copy. Lalu, Blending Layer Background Copy menggunakan Mode Screen. Blending Screen bisa digunakan untuk menkoreksi kecerahan.

•    Langkah 3

Pada langkah 3 ini difokuskan untuk penajaman foto dan menaikkan tingkat saturasi warna foto. Duplikasi kembali Layer Backgroud Copy dan kembalikan Mode Blending pada Normal Mode. Arahkan ke Menu Bar serta Pilih: Image-Adjustment-Shadow/Highlight: Opsi Shadow/Highlight. Atur pilihan dari Shadow/hairlight.

Tingkat saturasi foto pasti bertambah. Klik Pallete Channel. Tekan serta tahan tombol [Ctrl] dan Klik Channel Red. Seterusnya Channel berwarna merah terseleksi. Kembali ke Pallete Layer. Duplikasi bagian terseleksi (tekan [Ctrl] + [J]). Berikan Filter High Pass pada Layer yang terbentuk (Layer 1). Caranya lihat menu bar dan pilih: Filter – Other – High Pass. Masukan angka radius 4.0 px. Blending Layer 1 melalui Mode Linear Light. Turunkan Opacity Layer sebesar 30%, serta Layer Background Copy 2 sebesar 20%.

•    Langkah 4

Pada langkah 4 akan fokus pada pewarnaan kulit wajah. Pada Pallete Layer pilih created new fill or adjustment layer serta pilih selective color, lalu atur pada opsi berwarna merah.

Begitulah salah satu contoh cara mengedit foto memakai Photoshop. Kini Anda sudah sedikit percaya diri untuk memasang foto di media publik.

Selanjutnya : Cat Rumah yang Cerah dan Indah serta Teduh
Sebelumnya: Penyakit Pernafasan di Lingkungan Sekitar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar