Cara Mengelola Kios Sembako Agar Laris Manis


Bisnis memang bisa dilakukan dengan cara apa saja, termasuk dengan cara mengelola kios sembako. Jangan salah, meskipun hanya kios sembako, tapi bila dikelola secara tepat, keuntungannya yang didaptkan tidaklah sedikit. Pelanggan yang berdatangan mempengaruhi jumlah barang dagangan yang terjual. Alhasil, dagangan laris manis, keuntungan berlipat, dan bisnis pun berjalan lancar.

Beberapa pedagang yang kurang sukses mendapatkan keuntungan dengan bisnis kios sembakonya biasanya dikarenakan oleh strategi berjualan yang kurang tepat. Jadinya, kios kurang ramai dan barang-barang yang tersedia menumpuk bahkan membusuk begitu saja. Tentu saja bagi yang ingin berbisnis sembako tidak menginginkan hal ini terjadi. Ada beberapa cara untuk mengelola kios sembako, mulai dari tahap pendiriannya hingga kegiatan jual beli berlangsung. Berikut cara-caranya.

1.  Tentukan tempat yang strategis

Salah satu cara agar kios sembako banyak dikunjungi calon pembeli adalah dengan mendirikan kios di tempat-tempat yang strategis. Dekat dengan perumahan penduduk atau di tepi jalan besar, sehingga kios Anda mudah terlihat. Siapa yang mau berbelanja bila kios sembako Anda sendiri susah dijangkau.

2.  Lihat peluang

Lihat pula peluang di tempat yang telah Anda pilih sebagai lokasi pendirian kios sembako. Usahakan posisinya tidak terlalu berdekatan dengan kompetitor yang bisnisnya sama. Apalagi bila competitor tersebut memiliki kios yang lebih besar. Hal ini akan memengaruhi jumlah orang-orang yang datang ke kios Anda pula.

3.  Berlakukan harga promosi

Tidak ada salahnya bila Anda menurunkan sedikit harga barang-barang yang Anda jual di bawah harga standar dalam beberapa hari. Tujuannya sebagai salah satu trik berpromosi dan mengundang calon pembeli untuk berbelanja di kios Anda. Yakinlah, sedikit menurunkan harga dalam beberapa hari tidak akan membuat pedagang rugi besar.

4.  Stock barang

Para calon pembeli selalu memilih kios-kios dengan stock barang yang cukup lengkap. Cari tahu apa saja kebutuhan yang paling banyak dicari konsumen untuk memenuhi isi kios Anda.

5.  Jujur

Nah, inilah letak kesuksesan sesungguhnya. Jujurlah dalam berjualan agar pembeli merasa tenang bertransaksi di kios Anda. Juallah barang-barang dengan kualitas yang baik dan dengan berat yang sesuai pada timbangan.

Demikian cara mengelola kios sembako yang bisa Anda lakukan sebelum berbisnis di bidang ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda yang akan berusaha membuat sebuah kios sembako dan dapat sukses.

Selanjutnya : Fungsi Enzim yang Dikeluarkan oleh Pankreas
Sebelumnya: Download Komik Slam Dunk Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar