Cara Mengetahui Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit di bagian dalam tubuh manusia yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Penyakit ini cukup ditakuti, karena mampu menyebabkan kematian bagi penderitanya. Cara mengetahui penyakit ginjal secara dini, perlu diketahui sebagai upaya melakukan pendeteksian dan penanganan sebelum terlanjur parah.

Tip mengetahui penyakit ginjal ini sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Hanya saja, gejala yang menyertai penyakit ini seringkali tidak begitu terlihat dan menyerupai seperti gangguan kesehatan biasa saja. Akibatanya, banyak pihak yang kemudian menganggap sepele atas gejala yang ada tersebut.

Gejala Penyakit Ginjal

Ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai dan bisa menjadi sebuah kemungkinan bahwa kita termasuk salah satu yang mengalami gangguan pada organ vital manusia tersebut. Beberapa ciri yang bisa dijadikan cara untuk mendeteksi penyakit ini antara lain adalah :

Anemia yang Terjadi Berulang Kali

Anemia merupakan sebuah kondisi kadar darah yang ada dalam tubuh sangat rendah. Manusia yang sehat, kadar darah atau haemoglobin akan berukuran antara 12-14 dan berwarna merah terang. Sedangkan orang yang memiliki kadar darah rendah, warna merahnya semakin pudar.

Mudah Mengalami Kram atau Sakit

Orang yang mengalami gangguan ginjal akan mudah terjangkit penyakit. Hal ini karena peredaran darahnya sudah tidak lagi lancar.

Mudah Lelah

Orang yang mudah lelah ini berkaitan dengan rendahnya kadar darah dalam tubuh. Orang yang mudah lelah, sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat. Bila sering berulang, tak ada salahnya segera melakukan pemerikaan lebih rinci di laboratorium.

Nafsu Makan Menurun

Ginjal berfungsi sebagai bagian pencerna sisa makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bila bagian ini terganggu, akibatnya akan menghambat pencernaan dan sisa makanan tidak mampu terurai dengan baik dan berubah menjadi racun. Racun ini menupuk pada bagian ginjal sehingga akan menyebabkan penderitanya mengalami rasa malas makan.

Pembengkakan pada Bagian Wajah dan Kaki

Pembengkakan ini terjadi karena adanya penumpukan racun dalam tubuh yang tidak bisa dibersihkan oleh ginjal karena sudah rusak. Akibatnya, racun tersebut menumpuk pada beberapa bagian, terutama pada wajah dan kaki.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengetahui penyakit ginjal, jagalah kesehatan selalu.

Selanjutnya : Apa Sajakah Tips Semangat Pergi ke Sekolah dan Belajar?
Sebelumnya: Tips Contoh Jenis Usaha Sukses Terkenal di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...