Cara Mengganti Pin Code ATM BNI


Cara mengganti PIN code ATM BNI diperlukan bagi semua nasabah BNI. Sebenarnya  hal ini tidak hanya khusus diperuntukkan untuk nasabah BNI saja, tetapi juga untuk semua nasabah dari bank lainnya juga.

Mengapa Harus Mengganti PIN

Semua nasabah bank yang menggunakan jasa kartu ATM memang disarankan untuk mengganti PIN yang dimilikinya secara berkala. Meskipun hal ini bukanlah sesuatu yang bersifat wajib untuk dilakukan oleh nasabah, tetapi sekali lagi sangat disarankan demi keamanan.

Faktor keamanan adalah alasan yang utama kenapa seseorang yang menggunakan jasa kartu ATM perlu mengganti PIN yang dimilikinya. Dengan adanya penggantian PIN yang didapatkan dari bank, maka diharapkan tabungan nasabah tidak terbobol. Pembobolan uang melalui ATM yang PIN-nya tidak mengalami penggantian memang memiliki kemungkinan besar bisa terjadi. Hal ini dikarenakan maraknya pencurian dengan modus ATM macet ataupun melakukan scam pada ATM tersebut.

Biasanya, seseorang akan menggunakan berbagai cara agar kartu ATM yang masuk ke dalam mesin menjadi macet atau tidak mau keluar. Setelah macet, maka orang tersebut akan panik dan menghubungi pihak bank melalui stiker yang terpasang pada mesin tersebut. Stiker ini memang sengaja dipasang oleh pelaku kejahatan. Dengan demikian, nasabah akan menghubungi penipu dan bukan bank yang bersangkutan. Setelah itu, dengan berbagai muslihat, mereka akan memperdaya nasabah sehingga tergiring untuk menunjukkan nomer PIN yang dimaksud.

Dengan cara ini, maka uang yang ada di ATM akan dikuras oleh pelaku kejahatan tersebut setelah kita pergi dari mesin dan mereka mengambil ATM yang macet tersebut. Oleh karena itu, seringlah mengganti PIN ATM secara berkala agar tidak terjadi tindak kejahatan seperti ini.

Cara Mengganti PIN Code ATM BNI

Berikut adalah cara yang digunakan untuk mengganti PIN dengan menggunakan mesin ATM.

•    Pergi ke mesin ATM BNI atau yang lainnya.

•    Masukkan kartu ATM ke mesin.

•    Masukkan PIN lama.

•    Pilih menu “transaksi lain”.

•    Pilih “ubah PIN”.

•    Masukkan PIN baru yang dikehendaki.

•    Setelah itu, masukkan lagi PIN baru.

•    Proses penggantian telah selesai dan struk akan keluar.

Demikianlah cara mengganti PIN code ATM BNI yang bisa kita lakukan melalui mesin ATM, semoga bisa bermanfaat. Sekali lagi, ada baiknya Anda mulai melakukan penggantian PIN secara berkala agar terhindar dari tindak kejahatan.

Selanjutnya : Perjalanan Karir Soekarno
Sebelumnya: Faedah Mempelajari Sejarah Nabi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar