Cara Menggiring Bola Futsal


Pada saat ini, permainan bola futsal sangat menjamur di mana-mana, terutama di Indonesia. Bahkan, permainan ini sudah menjadi ladang bisnis bagi para pengusaha. Bangunan dibentuk menjadi lapangan futsal demi memfasilitasi penggemar futsal dan pemilik pun mendapatkan keuntungan.

Pada dasarnya, permainan futsal sama dengan permainan sepak bola. Dalam futsal, banyak dibutuhkan cara menggiring bola futsal dengan baik, skill dalam kontrol, dan teknik untuk penjaga gawang.

Dalam permainan futsal atau sepak bola, pemain harus mempunyai kemampuan menggiring bola yang baik karena hal itu berguna untuk mengecoh pemain lawan. Dalam dribbling atau menggiring bola perlu digunakan beberapa teknik, di antaranya teknik dribbling dengan bagian kaki luar adalah kaki kanan digunakan untuk mengecoh lawan dari sebelah kiri atau sebaliknya.

Teknik dribbling dengan bagian dalam kaki, yakni kaki kanan digunakan  untuk mengecoh lawan dari sebelah kanan atau sebaliknya, dan teknik dribbling dengan bagian punggung kaki yang bisa membawa bola secara lurus jika tak terdapat musuh di depan.

Tips Menggiring Bola

Selain teknik-teknik tersebut, terdapat pula tips-tips menggiring bola yang praktis, yaitu sebagai berikut.

1. Lakukan speed dribbling jika tidak ada lawan, yaitu di mulai dengan membawa bola, tending, kemudian mengejar atau, jika ada lawan lakukan close dribbling, yaitu menjaga bola agar tidak terlalu jauh di depan mata. Hal itu dilakukan untuk membawa bola dengan cepat.

2. Jangan banyak menggiring bola di sepertiga lapangan.

3. Gunakan teknik berbalik atau turning, apabila musuh berada di depan pada saat sedang menggiring bola.

4. Jangan terburu-buru memberi umpan bola pada teman saat lawan ada di depan, tetapi giringlah bola sampai mendekati lawan kemudian berikan bola pada teman. Hal itu untuk mengantisipasi lawan dalam merebut bola.

5. Apabila ada musuh yang berada di hadapan Anda saat menggiring bola, maka umpankan bola pada teman atau melewati musuh yang menghalangi itu.

6. Saat menggiring, bola bisa diarahkan ke mana saja, baik itu ke depan atau ke belakang.

7. Jika mempunyai keterampilan dalam menggiring bola, maka berikan ruang luas bagi teman untuk menerima umpan.

Demikian teknik dan cara menggiring bola futsal. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki hobi bermain futsal.

Selanjutnya : Cara Memelihara Burung Kenari yang Benar
Sebelumnya: Mengenal Program Layanan Khusus Sumber Belajar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar