Cara Menggunakan Corel Draw Pemula


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menggunakan corel draw pemula. Corel Draw adalah suatu aplikasi desain grafis pada Windows. Sebelum mulai membuat desain dengan Corel, hal pertama yang harus kita ketahui adalah fasilitas apa saja yang ada di dalamnya.

  • Tools/Hint. Terletak di sisi kanan kotak dialog utama
  • Quick Start. Terdapat di dalam kotak dialog Welcome Corel Draw yang di dalamnya terdapat beberapa proses yang dapat diaktifkan secara langsung.
  • Property Bar. Fasilitas ini bertujuan untuk mempermudah user menggunakan toolbox terpilih. Biasanya terletak di bawah standart toolbar.
  • Standart toolbar. Terletak di bawah menu bar yang didalamnya terdapat beberapa tombol cepat.
  • Toolbox. Berisi kumpulan alat-alat untuk membuat desain.
  • Status Bar. Berisi tentang informasi tentang desain dan aktifitas Anda pada Corel.
  • Dialog Box.
  • Color Palette. Berisi kumpulan warna.
  • Docker.
  • Floating Toolbar atau Fixed Toolbar.

Teknik Dasar Corel Draw

Setelah mengetahui fasilitas yang ada, sekarang kita akan belajar teknik-teknik dasar.

1. Mulailah dengan membuat objek menggunakan tool yang ada pada toolbox di sebelah kiri. Anda bisa membuat lingkaran, persegi, segitiga.

2. Untuk meng-copy objek dengan cepat bisa Anda lakukan dengan cara klik kiri pada objek yang akan di-copy, jangan dilepas kemudian pindahkan pointer ke arah yang Anda inginkan. Ketika melepas klik kiri, lakukan juga klik kanan bersamaan. Setelah itu objek Anda berhasil digandakan.

3. Setelah Anda membuat beberapa objek, Anda juga bisa menggabungkannya dengan group. Dengan demikian objek-objek tersebut akan tergabung menjadi satu objek dan bisa dipindahakan. Caranya adalah aktifkan objek-objek yang akan digroup kemudian klik kanan, pilih Group.

4. Selain group, Anda juga bisa melakukan kombinasi antara objek-ojek yang telah Anda buat. Caranya adalah dengan klik kanan pada objek yang akan di-combine, kemudian pilih Combine. Objek yang dihasilkan akan berbeda dengan aslinya.

5. Untuk memberi warna Anda tinggal mengaktifkan objek kemudian pilih warna yang ada pada Color Palette.

6.  Setelah desain Anda selesai, hal terakhir adalah meng-export-nya. Caranya adalah pilih File pada menu bar kemudian pilih Export. Tekan Ok untuk melanjutkan atau Anda juga bisa mengatur resolusi dan format gambarnya, setelah itu klik Ok.

Demikian teknik-teknik dasar corel draw, cara menggunakan corel draw pemula. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Artikel Ekonomi Syariah
Sebelumnya: Beberapa Tugas Staff Administrasi Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar