Cara Menggunakan Mesin Cuci untuk Pakaian


Mencuci pakaian kini lebih mudah. Mencuci dengan mesin cuci bisa jadi pilihan untuk Anda yang sibuk. Namun, bisa jadi Anda belum tahu cara menggunakan mesin cuci karena selama ini pembantu yang melakukannya untuk Anda. Mesin cuci adalah alat elektronik yang digunakan untuk mencuci pakaian dan terdapat sedikit perbedaan pada cara kerjanya seperti dijelaskan berikut ini.

Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

  1. Masukkan kabel mesin cuci ke stop kontak listrik.
  2. Tombol pembuangan air diatur pada posisi wash dan bukan drain.
  3. Pisahkan pakaian yang mudah luntur.
  4. Masukkan air ke dalam mesin cuci. Kemudian, masukkan deterjen sesuai dengan takaran atau jumlah pakaian yang akan dicuci. Aduk hingga deterjen larut bersama air.
  5. Masukkan pakaian yang akan dicuci hingga terendam air seluruhnya. Rendam pakaian selama 15-30 menit agar kotoran mudah terlepas.
  6. Agar mesin dapat berputar maksimal, usahakan pakaian yang akan dicuci, jumlahnya tidak melebihi dua pertiga bagian tabung di dalam mesin.
  7. Untuk mencuci pakaian, putar tombol timer/pengatur waktu otomatis hingga setengah putaran kemudian biarkan hingga mesin berhenti sendiri.
  8. Kalau mesin sudah berhenti, buka penutup mesin lalu periksa pakaian Anda. Kalau sudah bersih, Anda bisa langsung membilasnya. Kalau belum bersih, aduklah pakaian Anda kemudian putar kembali tombol timer agar mesin cuci bekerja kembali.
  9. Jika Anda sudah selesai mencuci, putar tombol ke posisi drain untuk membuang air bekas mencuci. Lalu kembalikan ke posisi wash, setelah air bekas cucian terbuang semua.

Membilas Pakaian dengan Mesin Cuci

  1. Tabung mesin cuci diisi dengan air hingga pakaian terendam lalu putar tombol timer seperti waktu mencuci.
  2. Bila mesin sudah berhenti, ulangi lagi proses tersebut hingga busa deterjen benar-benar hilang. Tambahkan pewangi atau pelembut pakaian sesuai selera.

Mengeringkan Pakaian dengan Mesin Cuci

  1. Masukkan pakaian ke tabung pengering kemudian atur hingga terisi penuh dan padat.
  2. Putar tombol spin searah jarum jam kemudian tunggu sampai mesin pengering otomatis berhenti. Buka penutupnya, ambil pakaian, kemudian dijemur.

Mudah, bukan cara menggunakan mesin cuci? Bisa jadi setelah mahir menggunakan mesin cuci, Anda jadi keranjingan mencuci pakaian atau mungkin berminat membuka bisnis jasa pencucian pakaian atau laundry.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kursus Pertambangan Bisa Langsung Kerja atau Berwirausaha
Sebelumnya: Pembagian Akhlak Islami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar