Cara Menggunakan Setrika Listrik di Rumah yang Aman


Cara menggunakan setrika listrik di rumah yang aman memang sangat penting dilakukan. Pasalnya penggunaan setrika listrik juga bisa berbahaya. Setrika listrik merupakan alat rumah tangga yang sangat berguna karena dapat membantu tugas Anda dalam merapikan baju. Penggunaan setrika listrik yang benar penting untuk diketahui dan dipraktekkan.

Menggunakan Setrika Listrik yang Baik

Saat menggunakan setrika listrik di rumah pastikan bahwa voltase yang ada di rumah sama dengan voltase dari setrika. Dahulu penggunaan voltase ada dua alternatif, yakni voltase 110 volt dan 220 volt. Namun, saat ini penggunaan voltase sudah diseragamkan. Karena itu, kecil kemungkinannya voltase rumah dengan setrika berbeda.

Saat menggunakan setrika, jangan lupa untuk menggunakan alas yang kering. Hal ini berguna untuk mengurangi setruman yang mengalir ke dalam tubuh kita jika terjadi setruman. Lengkapi juga stop kontak dengan grounding atauarde. Bermanfaat untuk mengurangi adanya setruman liar yang mengalir ke dalam tubuh.

Gunakanlah setrika listrik yang masih baik. Jangan pakai lagi setrika yang telah jatuh. Karena jika telah terjatuh, maka ia akan rentan mengalami kerusakan komponen yang ada di dalamnya. Pastikan juga kabel serta steker masih berada dalam keadaan yang baik. Maksudnya baik ialah kabel terlihat wajar dan tidak ada kawat tembaga yang mencuat keluar.

Perhatikan Komponennya

Selain itu, kabel juga tidak berada dalam keadaan melilit. Sedangkan steker tetap dapat mengalirkan listrik ke dalam setrika dan tidak mudah goyang maupun terlepas ketika dihubungkan dengan stopkontak. Gantilah komponen yang telah rusak sesuai dengan komponen aslinya.

Jika setrika listrik Anda rusak, maka bisa diganti dengan komponen yang sesuai dengan aslinya. Hal ini untuk menjamin kualitas yang pada akhirnya akan berimbas pada keselamatan pemakai. Selain itu, daya tahan setrika akan bagus dan tidak mudah rusak lagi.

Pada saat menyetrika gunakanlah meja setrika yang stabil dan datar. Hal ini tentu akan membuat Anda nyaman. Hindarilah bagian setrika yang panas menyentuh kabel. Kadangkala kita sedang asik-asiknya menyetrika dan tidak memerhatikan hal ini. Padahal keadaan ini akan membuat kabel setrika jadi mudah melilit serta meleleh.

Walaupun sudah ada pelindung kawat pada kabel karena akan mudah terkelupas, sehingga menyebabkan mudahnya kulit untuk tersetrum akibat tersentuh kawat. Cara menggunakan setrika listrik di rumah ini akan membuat Anda lebih aman dalam menyetrika.

Selanjutnya : Cerita Langga Lawe Menggunakan Bahasa Jawa
Sebelumnya: Cara Membuka Blog di Blogspot
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar