Cara Menghafal Al-Quran untuk Orang Dewasa


Tahukah bagaimana cara menghafal Al-Quran untuk orang dewasa? Allah Swt menurunkan Al-Quran agar seluruh umat Muslim mampu membacanya dengan baik serta memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar dapat mengamalkan Al-Quran secara sempurna sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk menghafalnya.

Mampu menghafal isi Al-Quran adalah anugerah yang sangat besar dari Allah Swt. Tidak semua orang digerakkan hatinya untuk selalu dekat dan mampu menghafal Al-Quran. Saat keinginan untuk menghafal Al-Quran telah tumbuh di hati, kita harus istiqamah dan memiliki motivasi tinggi agar hafalan bisa tercapai.

Sebaiknya, menghafal Al-Quran memang dilakukan sejak usia dini. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa yang ingin menghafalnya. Jangan takut akan teori yang menyebutkan bahwa orang dewasa lebih susah menghafal dibanding anak-anak. yang terpenting niat yang tulus dan motivasi kuat untuk menghafal. Hasil akhirnya hanya Allah Swt yang menentukan bagaimana proses menghafal kita kelak.

Strategi Jitu

Menghafal Al-Quran harus dilakukan dengan memakai strategi jitu bagi orang dewasa. Hal ini dikarenakan memori orang dewasa berbeda dengan otak anak-anak yang mudah mengingat. Saat usia sudah dewasa, kemampuan otak dalam menyerap dan mengingat memang sedikit lebih lembah. Cara hafal Al-Quran untuk orang dewasa dengan memahami terlebih dahulu dan menganalisa ayat-ayat Al-Quran yang akan dihafal. Setelah memahami arti ayat-ayat tersebut baru kemudian dihafalkan agar lancar.

Selain itu, untuk bisa menghafal Al-Quran harus memiliki tekad yang kuat. Yakinkan diri untuk bisa menghafal dengan terus berdoa kepada Allah Swt dan meminta untuk dimudahkan lisan dalam menghafal kalam-Nya.

Berkumpul dengan Orang Shalih

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar hafalan Al-Quran terjaga dan lancar adalah berkumpul dengan orang-orang shalih. Kita bisa mengikuti kajian atau holaqoh. Bisa juga menghadiri liqo rutin setiap minggu. Saat liqo (berkumpul untuk mempelajari ilmu agama) biasanya ada kegiatan rutin bertadarus serta menyetor hafalan.

Mengulang hafalan bisa menjadi salah satu cara menghafal Al-Quran untuk orang dewasa. Dengan melakukan pengulangan hafalan (mura’jaah) kita bisa melancarkan hafalan. Saling mengoreksi hafalan sesama teman serta termotivasi untuk menghafal ayat-ayat lainnya.

Selanjutnya : Menelusuri Sejarah Gunung Halu
Sebelumnya: Cara Cacing Masuk Ke Tubuh Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar