Cara Menghilangkan Bekas Campak di Wajah Bayi


Cara menghilangkan bekas campak di wajah bayi menjadi bahasan penting bagi para ibu. Melihat bekas campak yang ada membuat wajah bayi kurang menarik. Biasanya bekas campak terlihat seperti kulit yang berlubang. Tentu saja membuat tampilan wajah terlihat aneh. Bekas-bekas ruam dan bintik merah yang timbul memang terasa gatal dan membuat si penderita atau bayi merasa tak nyaman.

Penyakit campak atau sering disebut tampek memang biasa menyerang anak-anak. Namun, penyakit campak pun tak jarang bisa menyerang orang-orang dewasa. Penyakit campak timbul disebabkan oleh infeksi virus yang sangat menular. Tanda penyakit ini dimulai dengan demam, peradangan selaput ikat, batuk. Penyakit campak bisa menular melalui percikan ludah dari mulut, hidung, maupun tenggorokan.

Gejala Campak

Penyakit campak menyerang bayi biasanya pada usia di bawah 5 bulan. Gejala campak awalnya seperti influenza. Tubuh bayi menjadi panas tinggi, batuk, pilek, gampang mengantuk, gampang haus. Penyakit campak ini sukar diketahui karena gejala awalnya mirip penyakit influenza. Para ibu biasanya bingung saat bayi terkena gejala awal penyakit campak.

Namun, para ibu bisa memperhatikan gejala lanjutan. Pada gejala awal penyakit campak mata bayi memerah dan berair, pada bibir dan mulut sariawan, bayi mengalami diare selama 3 hingga 5 hari. Selanjutnya, akan muncul bercak-bercak berwarna merah di belakang telinga bayi yang kemudian menjalar ke leher, dada, punggung, serta perut.

Saat bercak-bercak berwarna merah muncul, batuk bayi atau anak akan semakin menjadi. Panas yang dirasa di badan dan sariawan yang muncul akan menyebabkan penderita malas makan. Hal ini menyebabkan balita akan bertambah kurus apalagi jika balita juga terkena diare.

Bekas Campak

Bercak merah yang ada di seluruh tubuh penderita campak akan berubah menjadi kehitaman. Kulit pun menjadi kering dan bersisik. Namun, warna kehitaman akan terus membekas hingga sebulan. Agar penyakit campak tidak meninggalkan bekas, sebaiknya dilakukan pengobatan secara maksimal.

Para ibu bisa mengompres balita, tetapi jangan pernah menyelimuti tubuh bayi karena panas tubuhnya akan semakin meninggi. Khawatirnya akan menyebabkan tubuh balita menjadi kejang dan demam. Saat penyakit campak menyerang balita, disarankan untuk tidak memandikan balita terlebih dahulu.

Agar bekas campak tak tampak (cara menghilangkan bekas campak di wajah), para ibu bisa mengoleskan bedak pada ruam merah agar rasa gatal tidak terlalu terasa. Berikan minum air putih yang banyak serta makanan cair agar balita tidak mengalami dehidrasi.

Selanjutnya : Alamat Griya Mukena Jogja
Sebelumnya: Cara Mudah Membuat Tas Dari Plastik Bekas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar