Cara Menghilangkan Korupsi di Indonesia


Mungkinkan korupsi hilang dari Indonesia? Bagaimanakah cara menghilangkan korupsi di Indonesia? Indonesia tak hanya dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah. Namun, Indonesia pun terkenal dengan sebutan sebagai negara yang tingkat korupsinya sangat tinggi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pemerintahan di Indonesia terlibat korupsi dan menyengsarakan rakyat banyak.

Korupsi sepertinya tak hanya terjadi pada lembaga-lembaga tinggi saja. Skala korupsi di Indonesia mulai dari yang kecil hingga skala besar. Birokrasi yang sulit dan bertele-tele dianggap menjadi penyebab tumbuh suburnya korupsi di Indonesia.

Menghilangkan korupsi di Indonesia sepertinya sangat sulit. Ini terbukti dengan semakin tingginya angka koruptor di Indonesia. Sebut saja banyak koruptor yang melenggang bebas tanpa takut akan tertangkap oleh aparat.

Fenomena Sosial

Korupsi merupakan salah satu fenomena sosial yang sampai sekarang belum bisa diberantas oleh manusia dengan maksimal. Korupsi tumbuh subur seiring dengan semakin berkembangnya peradaban kehidupan manusia. Korupsi tak hanya menjamur di negara berkembang seperti Indonesia saja, tetapi korupsi pun menyerang negara-negara maju di dunia.

Korupsi sudah dianggap sebagai kejahatan yang luar biasa.  Cara menghilangkan korupsi tak semudah membalikan telapak tangan. Saat suatu pemerintahan atau suatu lembaga yang dipenuhi oleh orang-orang yang mendewakan uang dan kekuasaan, akan sangat sulit memberantasnya. Para koruptor menjadikan uang sebagai standar keberanan dan kemudahan dalam melaksanakan tujuan yang ingin dicapainya.

Sebut saja banyak contoh yang terjadi tentang korupsi besar-besaran yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan. Kasus Nazarudin yang membongkar korupsi besar-besaran di partai pemenang pemilu lalu masih saja bergulir. Belum lagi korupsi dana pembuatan stadion olahraga saat sea games berlangsung. Dana korupsi pembangunan jalan dan masih banyak kasus-kasus lainnya yang menjadikan ketimpangan sosial yang tinggi. Orang kaya semakin kaya dan orang miskin di Indonesia semakin terpuruk.

Penegakan Hukum

Pengertian korupsi dititikberatkan pada pemakaian dana pemerintahan yang digunakan secara pribadi. Uang negara yang diharuskan untuk kesejahteraan rakyat justru masuk ke kantong oknum koruptor. Jelas saja yang menderita adalah rakyat. Sebagian pejabat yang melakukan kegiatan korupsi enak-enakan memakan uang rakyat.

Penegakan hukum perlu dilakukan dengan benar. Badan KPK atau komisi Pemberantasan Korupsi yang sudah didirikan diharapkan dapat bekerja tepat agar korupsi di Indonesia hilang. Hukum yang tepat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan korupsi di Indonesia.

Selanjutnya : Cari Mesin Motor Honda Murah Dan Berkualitas
Sebelumnya: Memasak Nasi Aron
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar