Beberapa Cara Menghindari Pergaulan Bebas Di Usia Remaja


Berbagai cara menghindari pergaulan bebas di usia remaja banyak diterapkan oleh para orangtua salah satunya adalah dengan menjaganya dari pengaruh faktor lingkungan pada pergaulan remaja.  Memang  faktor lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas dikalangan remaja.

Pergaulan remaja saat ini sungguh sangat memprihatinkan.  Rokok, narkoba, dan seks bebas telah merajalela, pelan namun pasti menggerogoti para remaja cikal bakal generasi masa depan.

Usia remaja memang usia yang sangat rawan.  Saat dimana mereka melakukan pencarian jati diri.  Kurangnya ilmu agama dan perhatian keluarga mampu menjerumuskan mereka pada pergaulan bebas yang parah.

Para pelaku seks bebas umumnya berasal dari lingkungan yang memiliki kontrol kurang terhadap kemungkinan terjadinya pergaulan bebas.

Teman, keluarga dan lingkungan sosial memang memberi dampak dalam penyerapan nilai moral pada generasi muda.  Oleh karena itu, menempatkan anak pada lingkungan yang baik merupakan salah satu cara yang ampuh menghindari pergaulan bebas di usia remaja

Perkembangan teknologi telah membuka jendela dunia lebih dekat sehingga informasi mampu masuk tenpa tersaring lagi. Cara untuk menghindari pergaulan bebas di usia remaja adalah mencegah pengaruh buruk perkembangan teknologi pada remaja.

Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem kontrol yang lebih ketat, memasang perangkat yang mampu memblokir situs-situs yang mengusung pornografi.

Penanaman ilmu-ilmu agama pada anak sejak dini untuk membentengi pengaruh pergaulan yang kian memprihatinkan, dengan demikian saat usia mulai remaja anak mempunyai bekal iman yang cukup sebagai salah satu cara untuk menghindari pergaulan bebas di usia remaja.

Kesibukan dalam menimba ilmu agama membuat mereka tidak punya cukup waktu untuk mempelajari hal-hal baru yang dapat mengantarnya pada kerusakan moral.

Peran orangtua dalam melakukan pendampingan juga merupakan cara menghindari pergaulan bebas di usia remaja.  Semakin dekat seorang remaja pada orangtuanya akan semakin mudah orangtua berkomunikasi dan melindungi mereka dari pengaruh pergaulan bebas.

Cobalah untuk mencari tahu permasalahan yang mungkin mereka miliki dan bantu mereka mengatasinya sehingga mereka tidak akan mencari tempat pelampiasan yang salah.

Selanjutnya : Beberapa Kontroversi tentang Supersemar
Sebelumnya: Belajar Klasifikasi Enzim dan Cara Kerjanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar