Cara Menghindari Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja


Pergaulan remaja masa kini cukup memprihatinkan. Informasi yang mudah didapat justru seperti dua mata pisau. Selain bermanfaat, juga dapat memberikan dampak buruk. Salah satunya adalah pergaulan bebas. Adapun cara menghindari pergaulan bebas adalah sebagai berikut .

Menanamkan Agama Sejak Kecil

Di dalam agama mana pun selalu memberikan aturan-aturan, termasuk dalam hal pergaulan. Pergaulan bebas menyangkut beberapa aspek yang dilarang oleh agama. Melakukan seks bebas, mengonsumsi obat terlarang, dan mabuk-mabukan merupakan contoh kegiatan yang kerap dilakukan oleh remaja dalam pergaulan bebasnya.

Agama Islam melarang seks bebas yang disebut zina dan menjadikannya sebagai dosa besar. Bahkan di dalam agama Islam, dosa ini harus ditebus dengan merajam pelakunya hingga meninggal, jika pelaku sudah menikah dan atau mengasingkan bagi pelaku yang masih bujang. Hal tersebut menunjukkan bahwa perbuatan seks bebas sangat berat konsekuensinya.

Penanaman ilmu agama sejak dini dapat membentuk pola pikir yang agamis. Anak pun tumbuh sebagai pribadi yang takut ketika melanggar larangan agama. Sehingga, mampu menghindarkan anak dari pergaulan bebas.

Memberikan Pendidikan Seks Sejak Dini

Pendidikan seks diberikan untuk memberitahu fungsi seks serta konsekuensi yang harus ditanggung, jika seseorang melakukan kegiatan seks secara bebas, termasuk melakukan seks pranikah. Dengan mengetahui risiko-risiko melakuksn seks bebas, maka seorang remaja yang tumbuh dengan bekal pendidikan yang cukup akan berhati-hati di dalam pergaulannya. Bahkan, remaja tersebut dapat menjadi pendidik bagi rekan sebayanya.

Memberikan kegiatan yang bermanfaat

Kegiatan akan membuat anak sibuk dan kehilangan waktu untuk melakukan aktivitas yang tidak penting. Kegiatan seperti aktivitas sosial, ekstrakulikuler sekolah, dan sejenisnya, selain menghindarkan anak dari aktivitas negatif juga menambah wawasan anak serta meningkatkan kemampuan anak bersosialisasi dengan rekan sebaya yang memiliki aktivitas positif pula.

Memberikan pengarahan mengenai masa depan kepada anak

Seorang anak, terutama usia remaja, sudah memiliki visi dan misi untuk masa depannya. Orang tua wajib memberikan pengarahan kepada putra putrinya terkait masa depan mereka. Anak yang sudah mencanangkan tujuan hidup tidak akan merusak masa depannya dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Menjadi teman sharing bagi anak

Berdasarkan penelitian mengenai kenakalan remaja, diperoleh bukti bahwa remaja yang melakukan pergaulan bebas hampir 80% dinyatakan berasal dari keluarga yang tidak harmonis dan tidak pernah melakukan komunikasi antara anggota keluarga. Pergaulan bebas yang mereka lakukan cenderung merupakan tindak pelarian dari masalah-masalah yang dihadapi.

Demikian cara menghindari pergaulan bebas pada remaja. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Mengedit Foto dengan Adobe Photoshop
Sebelumnya: Mengenal Aturan Bunyi Pantun dan Jenis-jenis Pantun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar