Cara Mengirimkan Novel ke Penerbit dengan Tiga Langkah Mudah


Bagaimana cara mengirimkan novel ke penerbit? Ada tiga langkah mudah yang bisa Anda lakukan. Pertama, siapkan naskahnya (print atau soft copy). Kedua, kirim ke penerbit via pos. Silakan pilih penerbit yang miliki peluang besar menerbitkan naskah Anda atau setidaknya miliki genre dan gaya yang sama dengan tema novel Anda. Dan terakhir, adalah menunggu kabar dari penerbit yang bersangkutan. Hanya tiga hal itu saja yang harus Anda lakukan.

Menyiapkan naskah

Mengirim novel atau naskah apa pun ke penerbit umumnya prosedurnya sama. Dalam artian, cara yang ditempuh tidak miliki kekhasan khusus untuk jenis naskah tertentu. Naskah novel, buku panduan, buku pelajaran, buku cerita, atau buku apa pun itu memiliki prosedur yang sama dalam pengirimannya.

Terkait dengan menyiapkan naskah, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Kita anggap Anda telah miliki naskah novel yang akan dikirim. Lalu, siapkan naskah itu dalam bentuk print (cetak) atau soft copy. Untuk print bisa dikirim via pos pun juga dengan soft copy. Mengapa tak lewat email? Hindari langkah ini. Sebab, penerbit tidak menerima satu dua email. Bisa ratusan atau ribuan. Jika admin tak teliti atau lalai, kemungkinan email ajuan naskah novel Anda “tenggelam”.

Mengirim naskah

Siapkan naskah tadi dengan menyisipkan sinopsis satu lembar. Buat sinopsis yang menarik dan menggugah pembaca. Buat pembuat kebijakan di penerbit luluh dan antusias sehingga naskah Anda laik diterima atau diterbitkan. Silakan pilih penerbit yang sesuai dengan genre novel atau sesuai dengan naskah Anda. Misalnya, naskah novel Anda dikirim ke penerbit buku pelajaran Intan Pariwara. Jelas tidak nyambung, bukan?

Menunggu kabar

Setelah naskah dikirim via pos, langkah selanjutnya tinggal menunggu kabar penerbit. Apakah diperbolehkan mengirim naskah sama ke banyak penerbit? Jangan sesekali lakukan itu. Anda bisa lakukan itu jika naskah yang dikirim ke penerbit A resmi ditolak. Jika itu terjadi, silakan kirim ke penerbit B. Jika ditolak lagi, silakan kirim ke penerbit C. Namun jangan asal mengirim. Naskah ditolak pasti ada alasannya. Sebelum mengirim ke penerbit B, C, D, dst, revisi dan benahi. Mungkin ada sesuatu yang membuat naskah Anda ditolak.

Demikian sekelumit informasi bagaimana cara mengirimkan novel ke penerbit. Jangan putus asa dan teruslah mencoba dan mencoba dan sertai dengan doa tentunya.

Selanjutnya : Cara Menang Lomba Membaca Puisi
Sebelumnya: Cara Mempercepat Anak agar Menstruasi Secara Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar