Cara Mengobati Mata Ikan yang Parah

Pernahkah Anda merasakan rasa nyeri pada telapak kaki? Terlihat ada benjolan dengan titik hitam di tengahnya yang bisa disentuh terasa sangat sakit. Bisa jadi itu adalah penyakit mata ikan yang sudah parah. Lalu bagaimana cara mengobati mata ikan yang parah?

Mengobati Mata Ikan

Loading...

Penyakit mata ikan merupakan kelainan pada kulit yang di dunia medis istilahnya Clavus atau Plantar Wart. Penyakit ini umumnya menyerang area kaki, tangan, dan juga jemari (biasanya muncul di bagian telapak kaki area tumit).

Munculnya penyakit ini ditandai dengan adanya penebalan pada area kulit. Penebalan kulit ini lama-lama bisa mengakibatkan radang. Jika kondisi penyakit mata ikan sudah parah akan timbul borok atau ulkus.

Bisa dibayangkan jika mata ikan sudah menjadi parah. Aktivitas akan terganggu karena rasa sakit pada telapak kaki. Bergerak ataupun berjalan akan terhambat karena rasa nyeri bila mata ikan tersentuh dengan lantai ataupun sandal. Penyakit mata ikan yang sudah parah ini harus segera diobati.

Virus Human Papillomavirus

Penyakit mata ikan (Clavus) disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV). Virus ini terdiri dua jenis yaitu HPV-1 dan HPV-2. Mata ikan yang muncul pada kaki disebabkan oleh virus HPV-1, sedangkan mata ikan yang muncul pada area tangan diakibatkan oleh virus HPV-2.

Selain disebabkan oleh virus HPV, penyakit mata ikan juga timbul karena adanya tekanan yang berlebihan pada area kulit secara berkesinambungan. Misalnya penggunaan sepatu yang terlalu sempit.

Selain itu, mata ikan juga bisa disebabkan karena tekanan dan gesekan yang terus menerus di salah satu anggota tubuh, misalnya gesekan tangan pada stang motor (tanpa menggunakan sarung tangan) akan mengakibatkan penebalan kulit dan risiko mata ikan.

Penyakit mata ikan bisa menjadi lebih parah apabila penderita memiliki bobot tubuh yang berat ketika menggunakan alas kaki yang sempit. Tekanan pada telapak kaki akan semakin berat dan bisa menimbulkan penyakit mata ikan semakin parah.

Penyembuhan

Penyakit mata ikan yang sudah parah bisa diobati dengan melakukan pembedahan oleh dokter spesialis kulit. Dokter akan mendiagnosa sebelumnya penyakit mata ikan tersebut sebelum melakukan pembedahan dan pemberian obat.

Cara mengobati mata ikan yang parah memang sebaiknya dengan melakukanpembedahan. Namun, jika Anda merasa takut dan tidak ingin menggunakan medis bisa melakukan pengobatan alternatif. Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Berita Kompas Cetak Hari Ini
Sebelumnya: Jumlah Kapal Perang Cina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar