Cara Mengobati Mata yang Perih

Mata perih bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Bisa karena ada benda asing yang masuk ke mata. Bisa karena saat Anda mengiris bawang atau mengupas bawang. Terlalu lama menatap monitor komputer pun bisa menyebabkan mata menjadi perih dan berair. Kondisi ini tentu membuat Anda tak nyaman. Cara mengobati mata yang perih tergantung dari penyebabnya.

Jika mata perih disebabkan karena terlalu lama menghadapi layar monitor komputer, sebaiknya istirahatkan mata Anda. Misalkan ketika Anda menatap monitor selama satu jam, Anda bisa berhenti sejenak dan memandang ke arah lain selama 10 hingga 15 menit. Lakukanlah senam mata dan buatlah mata Anda menjadi nyaman. Hal ini berguna bagi kesehatan mata Anda. Selain itu, atur juga jarak pandang Anda dengan monitor. Jangan terlalu dekat agar mata tak gampang perih.

Akibat Mengupas Bawang

Apa kegiatan di dapur yang menyiksa saat masak? Sebagian dari Anda mungkin berkata ketika membuat bumbu dapur. Lebih tepatnya lagi ketika mengupas bawang merah. Saat Anda mengupas dan mengiris bawang merah atau bawang putih, mata Anda pastinya sering terasa perih. Bahkan, kadang-kadang mata Anda mengeluarkan air mata. Cara mengobati mata perih saat mengupas dan mengiris bawang sangat mudah. Cara yang alami ini bisa Anda terapkan.

Saat mengiris atau mengupas bawang, caranya sangat mudah. Anda cukup menyediakan lilin beramo lalu nyalakan dan letakkan tepat di dekat Anda saat sedang mengupas atau mengiris bawang. Nyala lilin ini bertujuan untuk menyerap air atau aroma yang dikeluarkan oleh bawang. Dengan cara ini, mata Anda tidak akan terasa perih dan juga mengeluarkan air mata.

Kucuran Air

Cara lainnya untuk menghilangkan perih akibat bawang merah atau bawang putih sangat sederhana. Cara untuk mengobati mata yang perih karena bawang, bisa dengan mengupas bawang di bawah kran air yang mengucur. Gas yang dihasilkan oleh bawang akan hilang terbawa oleh air. Tentunya mata perih dan berair pun tidak akan Anda alami.

Selain mengupas di bawah kucuran air, Anda pun bisa  mencoba cara lainnya yaitu menaburkan garam di sekitar tempat Anda mengupas atau mengiris bawang. Caranya Anda mengambil garam secukupnya lalu taruh dekat tempat Anda akan mengiris bawang. Dijamin mata Anda tidak akan terasa perih dan berair.  Pastikan cara mengobati mata yang perih tergantung penyebabnya. Anda pun bisa menggunakan obat tetes mata sesuai dengan resep dokter.

Selanjutnya : Ucapan Anniversary Yang Simpel
Sebelumnya: Perlunya Program Kerja dalam Organisasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading