Cara Mengolah Biji Kopi


Cara mengolah biji kopi yang tepat akan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat. Saat Anda menyeruput secangkir kopi yang nikmat, ada sensasi yang luas biasa dapat Anda rasakan.

Sejarah tanaman kopi berasal dari Afrika Timur, tepatnya dari Etiopia memiliki spesies kopi terbaik, yaitu coffe arabica. Spesies kopi nikmat ini ditemukan oleh seorang imam yang melakukan eksperimen memanggang dan merebus biji kopi lalu mencampurkannya sebagai secangkir minuman hangat. Ternyata, minuman ciptaannya itu membuat matanya tidak mengantuk saat menunggu waktu ibadah. Akhirnya, kebiasaan tersebut menyebar di daerah itu.

Selanjutnya, perjalanan panjang kopi diawali invasi orang Etiopia ke semenanjung Arab. Para penduduk Etiopia menularkan kebiasaan meminum kopi ke penduduk Arab. Selanjutnya, melalui kegiatan berdagang para pedagan VOC, akhirnya biji kopi bisa sampai ke negara Eropa dan juga di Indonesia.

Mengolah Biji Kopi

Untuk membuat kopi yang bercita rasa baik, ada beberapa proses pengolahan, yaitu proses primer dan sekunder. Proses primer adalah proses pengolahan biji kopi dari buah kopi yang sudah siap dipetik sampai biji kopi menjadi kopi bubuk. Sedangkan, proses sekunder adalah proses pengolahan biji kopi sampai siap untuk dikonsumsi.

Proses pengolahan kopi primer terdiri dari beberapa tahapan, yaitu panen biji kopi tepat matang, menyortir buah yang baik, pengupasan kulit buah kopi, melakukan proses fermentasi, pencucian biji kopi, melakukan pengeringan mekanis, pengupasan biji kopi, melakukan sortir biji kopi kering, dan melakukan pengemasan dan penggudangan.

Proses pengolahan kopi sekunder terdiri dari pemilihan biji kopi, penyangraian atau roasting, memerhartikan tingkat pemanggangan (sangrai), pencampuran, penghalusan biji kopi yang sudah disangrai, dan pengemasan.

Langkah pertama untuk mengolah biji kopi sehingga menghasilkan kualitas kopi yang baik adalah memilih biji kopi yang baik. Kemudian, pisahkan biji kopi dari kotoran seperti kerikil. Cuci bersih biji kopi dan jemur di bawah sinar matahari sambil dibolak balik. Biji kopi yang sudah kering kemudian disangrai dalam wajan yang terbuat dari tanah menggunakan perapian kayu.

Penggunaan perapian kayu agar membuat aroma kopi semakin nikmat. Biji kopi disangrai sampai berwarna kehitaman. Setelah itu dinginkan dan haluskan. Bubuk kopi siap disajikan atau dilakukan pengemasan. Demikianlah cara mengolah biji kopi.

Selanjutnya : Artis-artis yang Berjilbab di Usia Muda
Sebelumnya: Masakan Enak Bergizi Tinggi Tanpa Minyak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar