Cara Mengolah Daging Kepiting

Mengolah daging kepiting bisa menjadi hal yang sulit bagi yang belum pernah melakukannya. Bahkan, orang yang pernah melakukannya saja, terkadang masih merasa kesulitan saat mengolah makanan laut yang satu ini. Bagaimana sebetulnya cara mengolah daging kepiting yang benar? Berikut ini penjelasannya.

Kesulitan Saat Mengolah Daging Kepiting

Daging kepiting memang merupakan salah satu jenis makanan yang sulit untuk diolah, dibandingkan daging ayam dan ikan, dan lainnya. Ada beberapa alasan yang biasanya dikemukakan seseorang saat merasa kesulitan dalam  mengolah daging kepiting, yaitu:

1. Kepiting bercangkang keras

Hewan kepiting merupakan jenis hewan dengan tulang keras berada di luar. Karena tulang kerasnya tersebut, maka banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengelolahnya.

2. Kepiting merupakan hewan menakutkan

Memasak kepiting yang baik adalah dalam kondisi masih hidup. Namun, karena capit kepiting  cukup besar dan tajam, orang biasanya takut untuk memegangnya, karena takut terluka.

3. Tidak tahu

Ketidaktahuan akan letak kelezatan yang ada di dalam kepiting, membuat proses pengolahan menjadi semakin sulit. Kebanyakan orang belum mengetahui di mana letak daging dari kepiting, karena tertutup oleh cangkangnya yang masih keras.

Cara Memasak

Daging kepiting merupakan daging yang cukup lezat diantara makanan seafood lainnya. Adapun cara memasak ataupun mengolah daging kepiting adalah sebagai berikut.

  1. Pilihlah kepiting yang masih hidup sebelum memasaknya. Untuk melihatnya masih hidup atau sudah mati, bisa dilihat dari matanya. Jika masih bergerak mata kepiting tersebut masih hidup dan segar.
  2. Ambillah sebilah pisau yang tajam dan tusuklah kepiting tersebut dari bagian tengah hingga mengarah ke belakang. Pastikan kepitingnya sudah mati lalu buka ikatannya.
  3. Rebus kepiting dalam air mendidih selama 15 menit.
  4. Balik kepiting tersebut dan buka bagian perut yang berbentuk segitia. Buang isi kotoran yang melekat dan sikat bagian cangkang dan sela kaki dengan sikat gigi.
  5. Lepaskan batok kepala yang ada pada kepiting dengan cara dicongkel dan bersihkan lagi.
  6. Pecahkan bagian kaki dan capit untuk mempermudah proses makan.
  7. Bumbui dan masak kepiting tersebut sesuai selera.
  8. Daging kepiting siap untuk disajikan.

Nah, mulai sekarang jangan pernah takut lagi memasak daging  kepiting, karena cara mengolah daging  kepiting ternyata cepat dan mudah.

Selanjutnya : Declaration Of Independence di Amerika Serikat
Sebelumnya: Cara Memasak Daging Babi Sesuai Standar Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini