Cara Mengukur Derajat Keasaman


Derajat keasaman atau pH adalah keadaan asam atau basa dari sebuah larutan. Kita memerlukan cara untuk mengukur keasaman, yakni keadaan asam adan basa dari suatu larutan. Ada dua cara yang digunakan sebagai cara mengukur derajat keasaman ,yaitu dengan menggunakan kertas lakmus dan juga menggunakan pH meter.

Mengukur Derajat Keasaman

Penggunaan kertas lakmus adalah cara yang terdahulu di dalam mengukur derajat keasaman suatu larutan. Jenis kertas lakmus ini ada dua, yaitu kertas lakmus biru dan kertas lakmus merah.

Cara mendeteksi jenis larutan yang asam atau basah dapat dilihat dengan cara pencelupkan dua jenis kertas tersebut. Jika larutan yang ada adalah termasuk larutan basa, maka kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru. Jika larutan termasuk larutan asam, maka kertas lakmus biru akan menjadi merah.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan alat pengukur asam basa, yaitu dengan alat yang dinamakan pH meter. Alat ini adalah sebagai parameter untuk menyatakan bagaimana tingkat keasaman dari sebuah larutan.

Larutan akan termasuk ke dalam golongan larutan asam, jika memiliki pH kurang dari 7. Larutan akan menjadi larutan basa, jika pH yang dimiliki oleh larutan tersebut lebih dari 7. Lalu, larutan termasuk ke dalam kategori larutan netral jika pH yang dimiliki adalah 7. Semua angka ini akan ditunjukan pada indikator yang ada di dalam pH meter.

Penggunaan alat dapat menghasilkan angka yang diinginkan dengan mencelupkan alat ke dalam air atau larutan yang ingin diukur derajat keasamannya. Ukuran pencelupan adalah sekitar 5 cm. Setelahnya, alat akan secara otomatis bekerja untuk menentukan derajat keasaman yang ada.

Pada awalnya, angka yang ditunjukkan oleh alat yang ada yang naik dan turun. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, angka yang sudah ada pada posisi yang stabil haruslah ditunggu antara dua sampai tiga menit setelah pencelupan.

Itulah ulasan tentang  cara mengukur derajat keasaman suatu larutan yang banyak berkaitan dengan keadaan larutan asam dan larutan basa dari suatu campuran air.  Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Selanjutnya : Kelinci Asli Indonesia
Sebelumnya: Menghitung dan Menganalisis Saham yang Rugi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar