Cara Meningkatkan Prestasi Siswa

Banyak orang lebih mengejar prestasi demi sebuah gengsi. Namun, para pengajar justru genjar mencari cara meningkatkan prestasi siswanya. Ini lantaran, di kalangan siswa prestasi hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang rajin dan tekun belajar.

Namun sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia belum bisa dikatakan sebagai sebuah sistem yang ideal untuk menciptakan para pelajar yang berkualitas. Apalagi di sejumlah tingkat Sekolah Dasar, prestasi bisa didapatkan berdasarkan besar kecilnya sumbangan orang tua terhadap sekolah.

Definisi Prestasi

Apakah definisi prestasi sebenarnya? Jika berdasarkan kamus umum Bahasa Indonesia, prestasi diartikan sebagai hasil yang telah dicapai oleh seseorang. Prestasi yang didapatkan merupakan hasil kerja keras dan ketekunan seseorang dalam suatu bidang.

Jadi, prestasi bukan hanya sebatas piagam, piala atau penghargaan yang didapatkan. Apapun yang dikerjakan dan menghasilkan suatu hasil yang baik merupakan perwujudan prestasi dalam bentuk yang berbeda.

5 Cara Meningkatkan Prestasi Siswa

Ada lima cara meningkatkan prestasi siswa di sekolah, yakni sebagai berikut.

1. Simak Penjelasan Guru dengan Baik

Langkah pertama harus dilakukan oleh seorang siswa yaitu simak penjelasan guru dengan baik. Jika menyimak dengan baik, dipastikan semua yang dijelaskan akan lebih mudah dipahami. Jika paham, pastilah akan berdampak pada prestasi yang meningkat.

2. Jangan Budayakan Malu Bertanya

Jika ada yang tidak dimengerti, jangan sungkan-sungkan untuk kembali menanyakan ke guru. Hilangkan budaya malu bertanya, jika ingin memperbaiki prestasi di kelas. Sang pengajar juga sudah harus lebih aktif menanyakan kepada siswa, bagian mana yang masih belum dipahami. Dengan demikian, akan terjadi sinergi positif antara siswa dan pengajar di dalam kelas.

3. Kerjakan Tugas Sekolah

Gunakan waktu di rumah dengan baik untuk mengejarkan tugas sekolah. Dengan mengerjakan tugas, seorang siswa dapat mengulangi bagian pelajaran yang telah dipelajari di sekolah.

4. Ikuti Les Tambahan

Jika jam pelajaran di sekolah masih dianggap kurang, sebaiknya menambah jam pelajaran dengan mengikuti les tambahan di luar sekolah. Selain akan mendapatkan teman baru, pengetahuan yang didapatkan juga akan meningkat.

5. Belajar Membagi Waktu

Mulailah belajar dalam membagi waktu. Apalagi, waktu yang digunakan di rumah sepulang sekolah. Agar dapat melatih kedisiplinan pada diri sendiri dan memiliki tanggung jawab terhadap kewajiban sebagai seorang pelajar. Jika sudah bisa membagi waktu dengan tepat, dipastikan akan meningkatkan prestasi siswa baik secara pribadi maupun dalam dunia pergaulan.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Kata-Kata Mutiara Cinta yang Islami
Sebelumnya: Cara Membuat Lodeh Kluwih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar