Cara Menulis Catatan Kaki yang Benar

Catatan kaki atau yang juga dikenal dengan foot note adalah bagian yang dapat dimasukan di dalam sebuah karya tulis. Catatan kaki ini adalah informasi tambahan akan sumber informasi atau data yang disajikan di dalam karya tulis tersebut. Di dalam membuat catatan kaki perlu diketahui bagaimana cara menulis catatan kaki yang benar.

Catatan Kaki

Yang dinamakan dengan catatan kaki adalah catatan mengenai sumber atau keterangan mengenai sumber rujukan yang dipakai dari informasi yang disajikan di dalam karya tulis yang ada. Tujuan dari pembuatan catatan kaki ini adalah untuk memberikan informasi mengenai sumber informasi yang diberikan.

Selain itu, juga untuk lebih menguatkan pendapat atau informasi yang diberikan dan dapat pula untuk dijadikan sebagai referensi silang atau cross reference. Keberadaan dari catatan kaki ini dapat pula diperankan sebagai tempat untuk pemberian komentar atau tanggapan atas pendapat yang telah disampaikan di dalam karya tulis yang telah dibuat.

Dilihat dari fungsi catatan kaki yang ada, ada dua jenis catatan kaki. Yaitu catatan kaki referensi yang dipakai sebagai tempat untuk menyertakan sumber informasi yang dipakai atau dikutip. Jenis yang kedua adalah catatan kaki isi yang merupakan bagian untuk memberikan penjelasan, pendapat akan materi yang telah disampaikan di dalam informasi yang juga telah disampaikan di bagian isi karya tulis yang dibuat.

Penulisan Catatan Kaki yang Benar

Untuk menuliskan catatan kaki yang telah dibuat dapat dilakukan dengan cara menempatkannya pada setiap halaman yang menjadi halaman yang dibutuhkan. Catatan kaki ini juga dapat untuk dituliskan di bagian akhir dari keseluruhan isi karya tulis yang ada. Cara yang di kedua ini akan membuat catatan kaki ini dikenal dengan sebutan end note yaitu catatan yang dibuat di akhir dari informasi yang telah diberikan.

Berikut ini adalah cara di dalam penulisan catatan kaki yang benar.

  1. Catatan kaki ditulis dengan menggunakan nomor urut bilangan arab.
  2. Penulisan catatan kaki dilakukan dengan diberi setengah spasiĀ  di atas bagian teks
  3. Jarak ketik yang diberikan untuk atar baris yang ada adalah setengah spasi
  4. Jarak ketik yang diberikan untuk pada antar nomer adalah dua spasi.

Inilah beberapa ketentuan dan cara menulis catatan kaki yang benar. Hal ini karena memang penulisan catatan kaki memiliki perbedaan dengan penulisan informasi yang lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Tips dan Cara Meningkatkan Frekuensi Speedy
Sebelumnya: Tips dan Cara Merawat Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar