Cara Menulis Kreatif


Menulis adalah suatu kegiatan bagaimana seorang penulis menceritakan sesuatu pada para pembaca agar pembaca dapat ikut merasakan pengalaman penulis. Lalu bagaimana  cara menulis kreatif?

Sebuah tulisan yang kreatif bisa diangkat dari pengalaman pribadi atau orang lain. Misalnya pengalaman percintaan Anda atau kejadian memalukan yang dapat menimbulkan efek lucu. Tulisan itu kemudian diramu menjadi sesuatu yang tidak biasa seperti membuat kalimat awal yang menarik perhatian pembaca.

Sebuah tulisan yang kreatif, baik novel, cerpen, atau tulisan semacam blog harus bisa membuat pembaca tak berhenti membaca dari awal sampai akhir cerita. Bagaimana membuat kalimat yang menarik akan menjadi tulisan Anda menjadi tulisan yang kreatif.

Jangan takut untuk memulai tulisan yang baik bagi semua penulis pemula. Sebuah tulisan yang kreatif hadir dari seorang penulis yang memiliki potensi dan daya imajinasi serta kreativitas yang tinggi. Itu artinya, semua orang bisa menulis kreatif jika memiliki keinginan besar untuk menciptakan tulisan yang berkualitas.

Tulisan yang Kreatif

Teori penulisan harus sudah dikuasai oleh seorang penulis saat memutuskan akan menekuni dunia kepenulisan. Hal ini akan bermanfaat bagi penulis untuk menciptakan sebuah tulisan yang kreatif dan berkualitas. Cara menulis dengan kreatif sebagai berikut:

• Imajinasi dan Daya Khayal yang Kreatif

Selalu ingin belajar dan bertanya adalah poin penting untuk menjadi seorang penulis yang hebat. Agar Anda bisa menulis kreatif, daya imajinasi yang dimiliki harus kreatif. Saat Anda menulis, cobalah untuk membayangkan kata yang cocok untuk suatu objek, kejadian, atau sebuah fenomena.

Misalnya saat Anda akan menulis “matahari”. Dalam pikiran dan imajinasi Anda akan terbayang putih keperakan, sinarnya yang berkilau seperti berlian, panas membara laksana api dan sebagainya.

• Menguasai Tata Bahasa yang Kreatif

Sebuah penulisan kreatif memerlukan penggunaan tata bahasa yang kreatif pula. Abaikan kalimat pembuka yang klise seperti “Matahari bersinar terang” tetapi Anda bisa mengubahnya misalnya “Raja pagi telah merekah”.

• Jangan Terlalu Berlebihan

Sebuah tulisan yang kreatif adalah sebuah tulisan yang memiliki rangkaian kalimat yang menarik pembaca untuk terus menghabiskan isi buku. Namun, jangan sampai susunan kalimat menjadi tidak efektif dan berlebihan.

Demikian beberapa cara menulis kreatif. Ingat, semua ide dan gagasan bisa dijadikan sebuah tulisan asal Anda mengolahnya dengan kreativitas pula. Selamat menulis kreatif.

Selanjutnya : Unsur-unsur Yang Merupakan Bagian Seni Dalam Film
Sebelumnya: Kultum Perilaku Terpuji bagi Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar