Cara Menulis Nama Orang di Daftar Pustaka

Cara menulis nama orang di daftar pustaka memang ada aturan dan caranya karena berbeda dalam menulis nama untuk tulisan biasa. Dalam penulisan sebuah karya ilmiah, artikel ataupun makalah sudah semestinya memiliki daftar pustaka untuk membuktikan teori mana saja yang dijadikan sebagai rujukan yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, penulisan daftar pustaka akan memberikan informasi kepada para pembaca teori-teori yang bisa dijadikan sebagai referensi pembaca jika ingin membuat karya ilmiah serupa, namun dengan tema dan objek penelitian yang berbeda. Cara menulis nama orang di daftar pustaka sebenarnya sederhana, namun sedikit berbeda dalam posisinya.

Biasanya jika penulisan nama ditulis secara berurutan, pada daftar pustaka penulisan nama ditulis dengan sebaliknya. Jadi, cara menulis nama orang di daftar pustaka ditulis secara terbalik dengan menuliskan nama depan ditulis belakangan.

Cara Menulis Nama Pengarang pada Daftar Pustaka

Cera menulis nama orang di daftar pustaka memiliki cara tersendiri dalam penulisannya dimana nama belakang ditulis lebih dulu dari nama depan dan disematkan tanda koma. Jika nama pengarang terdiri dari tiga suku kata dan kata terakhir merupakan singkatan maka penulisannya mendahulukan nama tengah dan diikuti nama terakhir baru nama depan. Misalnya nama pengarang adalah “Dewi Indra S”, maka dalam daftar pustaka akan ditulis “Indra S, Dewi”.

Selanjutnya, dalam penulisan nama pengarang yang memiliki gelar akademik, yaitu dengan menuliskan nama aslinya saja tanpa memasukkan gelar akademiknya dan aturannya sama seperti menulis nama pengarang dalam daftar pustaka dengan menuliskan nama belakang terlebih dahulu. Namun, jika pengarang dalam buku lebih dari satu nama, penulisannya dengan menuliskan nama pengarang pertama dengan menempatkan nama belakang terlebih dahulu lalu ditulis nama depan. Selanjutnya, untuk penulisan nama pengarang berikutnya tidak perlu dibalik seperti nama pengarang pertama cukup menuliskan nama lengkap seperti biasa.

Cara Membuat Daftar Pustaka pada Karya Ilmiah

Cara menulis nama orang di daftar pustaka, yaitu dengan menuliskan nama pengarang secara terbalik, maksudnya nama belakang ditulis terlebih dahulu, beri tanda koma, dilanjutkan dengan menuliskan nama depan pengarang. Penulisan daftar pustaka harus diurut berdasarkan alfabet dan tidak diberi nomor urut.

Setelah itu tulis tahun terbit buku beri tanda titik dan kemudian tuliskan judul buku dengan mencetak miring judul buku lalu berikan tanda titik. Setelah itu, tuliskan kota tempat buku diterbitkan beri tanda titik dua dilanjutkan dengan menuliskan nama penerbitnya. Jika daftar pustaka bersumber dari situs internet maka penulisannya adalah nama pengarang; tanggal atau tahun revisi artikel terakhir; judul artikel; alamat web atau URL tempat artikel diambil; terakhir tuliskan tanggal mengakses artikel yang diambil.

Contoh daftar pustaka yang sumbernya diambil dari buku adalah sebagai berikut.

Winda, Dewi. 2014. Memahami Bahasa Isyarat. Jakarta: Gramedia.
Contoh daftar pustaka yang sumbernya diambil dari internet:
Barbara, Cindy. 2014. Penerapan Bahasa Isyarat dalam Belajar.
http://www.edu.literature.indonesia./karya ilmiah – Cindy Barbara.html. 12 April 2014.

Selanjutnya : Di Daerah Pegunungan Kapur Akan Terbentuk Tanah Kapur
Sebelumnya: Cara-cara Menyusun Naskah Pidato
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...