Cara Menyambung Tanaman Buah-buahan dengan Teknik Sambung Pucuk


Menyambung adalah salah satu teknik pemuliaan tanaman secara vegetatif. Tujuan penyambungan tanaman ini adalah untuk mendapatkan tanaman dengan gabungan sifat unggul yang dimiliki oleh dua tanaman yang disambungkan. Cara menyambung tanaman buah-buahan yang sudah dikenal ada dua yaitu teknis sambung samping dan teknis sambung pucuk.

Langkah Menyambung Tanaman Buah dengan Teknik Sambung Pucuk

Berikut adalah langkah-langkah menyambung tanaman buah-buahan dengan teknik sambung pucuk:

  • Siapkan batang bawah dan batang atas tanaman yang akan disambungkan. Batang bawah yang digunakan pada teknik penyambungan ini biasanya berasal dari perbanyakan biji yang sudah disemai sebelumnya. Bibit hasil persemaian dipindahkan ke dalam polibag dan siap digunakan sebagai batang bawah pada perbanyakan sambung pucuk. Sementara untuk batang atas digunakan tunas dari ranting yang tumbuh lurus dan sehat.
  • Potong bagian atas batang bawah dengan membuat celah dan membentuk huruf V.
  • Untuk batang atas potong tunas dari ranting yang tegak dan memiliki ukuran hampir sama dengan batang bawah. Potong meruncing sehingga kompatibel (cocok) dengan celah yang dibuat pada batan bawah. Sisakan 2-3 lembar daun pada bagian ujungnya.
  • Kegiatan penyambungan dilakukan dengan memasukkan tunas batang atas yang sudah diruncingkan ke dalam celah batang bawah. 
  • Ikat sambungan tersebut dengan tali pengikat yang sudah disediakan. Ikat erat-erat dan usahakan tidak ada air yang masuk.
  • Letakkan hasil sambungan di tempat teduh dan terlindung. Jika perlu diberi naungan agar tidak terkena sinar matahari langsung ataupun kehujanan.
  • Setelah dua atau tiga munggu penyambungan biasanya sudah menunjukkan hasilnya.
  • Penyambungan yang berhasil ditandai dengan tumbuhnya tunas baru yang sehat. Sementara sambungan yang gagal akan tampak menghitam dan kering.
  • Selanjutnya sambungan yang berhasil dipelihara hingga cukup kuat dan bisa dipindahkan ke lahan.

Demikian langkah-langkah sederhana teknis sambung pucuk pada tanaman buah-buahan. Kunci keberhasilan teknis sambung pucuk ini terletak pada kesesuaian antara batang bawah dan batang atas. Selain itu, kecermatan dan ketepatan cara menyambung tanaman buah-buahan juga akan menentukan keberhasilan.

Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Memilih Jenis Jas Hujan yang Baik
Sebelumnya: Mengenal Kebudayaan Suku Laut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar