Cara Menyetek Pohon Rambutan Rapiah

Agar cepat memperoleh hasil, rambutan dikembangbiakkan dengan cara stek. Cara menyetek pohon rambutan pun sama dengan pohon lainnya. Cara ini banyak digemari karena pohon hasil cangkokan akan mewarisi sifat dari pohon indukan. Jika pohon indukan memiliki buah manis dan rimbun, maka pohon anakan akan memiliki sifat yang sama.

Pohon hasil teknik stek akan memiliki karakter pohon tidak terlalu tinggi, sehingga dapat ditanam pada pot. Dewasa ini banyak dibudidayakan tanaman buah dalam pot (tambulampot) sebagai solusi lahan sempit. Rambutan jenis rapiah juga dapat Anda tanam dalam pot dengan teknik stek.

Cara Menyetek Rambutan Rapiah

Rambutan jenis rapiah memang lebih banyak disukai karena beberapa keunggulan dibanding rambutan lain. Rasanya lebih manis, buah kering, biji kecil, terdapat seperti garis pada kulit buah, ukurannya kecil, dan memiliki daging buah berwarna putih. Sayangnya, rambutan jenis ini tidak terlalu banyak hasil produksinya. Oleh sebab itu, harganya relatif lebih mahal dibanding rambutan jenis lainnya.

Rambutan rapiah banyak dibudidayakan karena memiliki keunggulan-keunggulan di atas. Rambutan memiliki batang kayu yang cukup kuat, sehingga dengan mudah dapat distek. Cara menyetek pohon rambutan rapiah tidak sulit. Asalkan Anda memilih batang pohon yang sudah berkambium (sudah tua), maka Anda tinggal menunggu akan dan tunas baru tumbuh. Menyetek tentu akan mempercepat rambutan berbuah dibandingkan dengan menanam dengan biji. Perhatikan cara menyetek berikut ini:

  1. Ambil batang yang sudah tua (ukuran 15-20cm) buat lancip pada bagian bawah.
  2. Sisakan beberapa helai daun saja pada batang.
  3. Tanam pada media tanam (pot) yang tidak diberi pupuk karena dikhawatirkan akar tidak mau tumbuh.
  4. Siram secukupnya.

Menyetek pohon rambutan memiliki prosentase keberhasilan yang cukup tinggi asalkan Anda menjaga tanah tetap gembur dan subur.

Cara Lain Membudidayakan Rambutan Rapiah

Selain dengan menyetek batang pohon rambutan, Anda juga dapat memanfaatkan teknik okulasi (menempel). Caranya cukup mudah. Anda cukup menyayat tunas rambutan, kemudian menempelkanya pada batang tanaman lain, seperti mangga atau jambu biji. Dengan teknik ini, Anda dapat menempel lebih dari satu tunas dalam satu pohon.

Cara budidaya rambutan lainnya ialah dengan mencangkok. Pilih batang yang sudah tua, kupas kulit batang dengan ukuran 5cm, hilangkan kambium pohon dan tutup dengan tanah yang subur dan ikat. Tanah akan merangksang pertumbuhan akar. Setelah akar tumbuh, Anda dapat memotong dan menanamnya di tempat yang Anda inginkan.
Berbagai cara budidaya rambutan ini dapat Anda praktikkan sendiri di rumah. Ingin menggunakan cara menyetek pohon rambutan atau mencangkoknya, keduanya mudah dilakukan. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Film yang Pernah Dibintangi Nikita Willy
Sebelumnya: Manfaat Bunga Bakung kepada Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar