Cara Menyimpan Sayur dalam Kulkas dengan Benar


Makanan bergizi merupakan salah satu syarat utama untuk hidup sehat. Salah satu jenis makanan bergizi yang bisa kita konsumsi setaip hari adalah sayuran.

Sayangnya tidak setiap hari kita memiliki waktu luang untuk membeli sayuran segar sehingga satu-satunya jalan ialah menyimpan persediaan sayuran dalam kulkas agar tetap segar.

Cara menyimpan sayur dalam kulkas pun harus dilakukan dengan benar agar sayur mayur tersebut tetap terjaga kesegarannya dan zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah simpan sayuran dalam keadaan utuh dan hindari menyimpan sayuran dalam keadaan terpotong-potong.

Hal tersebut untuk menjaga kesegaran dan zat gizi pada bagian dalam sayuran. Bersihkan dulu bagian-bagian yang kotor pada sayuran seperti pada bagian ujung kubis, kangkung atau bayam, bila perlu potong bagian-bagian tersebut.

Apabila anda ingin mencuci sayuran terlebih dahulu, masukkan sayuran dalam kulkas setelah kering karena terkadang sisa-sisa air dapat mempercepat proses pembusukan.

Selanjutnya bungkus rapat sayuran dengan menggunakan kertas bekas atau koran bekas dan masukkan ke dalam kulkas pada tempat khusus sayuran.

Jangan campurkan sayuran dengan bahan lain yang berbau amis seperti daging atau ikan karena sayuran juga akan ikut berbau. Cara-cara tersebut akan dapat membuat sayuran bertahan kesegarannya hingga satu minggu, kecuali pada jenis sayur tertentu seperti kangkung hanya bertahan selama 3 hari karena daunnya akan menguning.

Jangan lupa untuk membersihkan kulkas anda dan selalu singkirkan sayur mayur yang sudah membusuk atau bahkan sudah mengering.

Bersihkan bagian karet di pintu kulkas agar menempel sempurna sehingga suhu di dalam kulkas tetap terjaga sehingga dapat menyimpan bahan-bahan di dalamnya agar tetap segar.

Untuk jenis umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar, bawang merah atau bawang putih tidak dianjurkan disimpan dalam kulkas karena malah justru akan mudah membusuk.

Biarkan umbi-umbian disimpan di ruang terbuka tanpa dibungkus agar bisa bertahan selama mungkin sebelum umbi-umbian tersebut tumbuh tunas. Selamat mencoba cara-cara menyimpan sayur dalam kulkas tersebut dan tetaplah menjadi sehat dengan sayuran.

Selanjutnya : Mengatasi Kurangnya Minat Baca Masyarakat Indonesia
Sebelumnya: Sekilas Informasi tentang Winrar Archiver
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar