Cara Menyongket Benang Wol

Bagaimana cara menyongket benang wol? Sebelumnya, mari kita luruskan dulu penggunaan kata yang tepat. Benang wol adalah jenis benang yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian, seperti baju hangat, sweater, syal, dan aneka perlengkapan musim dingin. Teksturnya yang tebal, namun halus membuat badan bisa tetap hangat kala udara tidak bersahabat.

Merajut Benang Wol

Sementara itu, menyongket diartikan sebagai teknik menyulam dengan benang-benang yang sifatnya tipis, seperti benang emas dan perak. Oleh karena itu, kita mengenal kain songket yang artinya kain yang disulam dengan benang. Untuk jenis benang wol, cara yang paling tepat adalah merajutnya.

Sebelum mulai merajut, kita harus mengetahui dan mengenal dulu alat yang akan digunakan. Alat utama yang digunakan adalah hakpen atau jarum. Jenis jarum ini bermacam-macam, tergantung jenis benang yang akan digunakan. Bagi pemula, hakpen yang disarankan untuk digunakan adalah ukuran 4 mm.

Setelah itu, kita harus belajar cara memegang hakpen, sehingga berada dalam posisi yang nyaman untuk merajut. Ada dua cara yang biasa digunakan, yaitu memegang seperti pisau dan memegang seperti pensil. Kedua cara ini sama saja tergantung kenyamanan si perajut tersebut.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Perajut Pemula

Cara menyongket benang wol alias merajut benang wol tidak terlalu sulit bagi orang yang mau belajar. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelajaran merajut tidak berhenti di tengah jalan.

  • Jangan Putus Asa

Segala sesuatu yang baru dikerjakan memang akan terasa sulit. Hal ini termasuk dalam kegiatan merajut. Untuk pemula, hal yang harus dilakukan adalah membiasakan diri memegang hakpen dan benang.

  • Biasakan Diri untuk Melemaskan Jari-jari

Tangan yang kaku akan membuat pekerjaan terasa berat dan sulit dilakukan. Tetap jadikan hal tersebut sebagai sesuatu yang menyenangkan dan mudah dilakukan.

  • Jangan Terpaku pada Pola yang Rumit

Merajut dengan pola yang rumit akan membuat kita stres karena kesulitan melakukannya. Carilah pola yang sederhan dan mudah dilakukan. Dengan pencapaian itu, kita akan merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik.

  • Hal yang Menyenangkan

Jika kita menjadi stres karena pola yang kita inginkan tidak kunjung jadi, tentu kita sendiri yang akan rugi. Beri kesempatan kepada diri sendiri untuk beristirahat dan menenangkan pikiran ketika bertemu dengan sesuatu yang sulit. Setelah itu, kembalilah pada rajutan dan selesaikan dengan perasaan yang tenang.

Demikianlah cara menyongket benang wol atau merajut benang wol bagi pemula. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Selanjutnya : Cara Merajut yang Gampang dan Menyenangkan
Sebelumnya: Fungsi Manajemen Dalam Manajemen Operasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...