Tips Cara Merawat Anak Burung Puyuh Sakit


Penyakit yang seringkali dialami oleh anak burung puyuh hampir sama dengan burung puyuh dewasa. Mulai dari penyakit tetelo, snot, berak kapur, dll. Semua penyakit tersebut disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyebabkan buruknya kondisi burung puyuh Anda.

Ketika yang terserang adalah anak burung puyuh maka perawatannya pun jelas berbeda dengan perawatan pada burung puyuh yang telah dewasa. Itulah sebabnya kami berikan tips cara merawat anak burung puyuh sakit.

Tips Merawat Burung Puyuh

Merawat untuk kesembuhan anak burung puyuh adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan. Ketika sudah memutuskan untuk memelihara atau beternak burung puyuh maka Anda juga harus merawatnya jika sakit. Tujuannya agar anak burung bisa pulih dan terus tumbuh. Jika salah satu anak burung puyuh terserang penyakit maka burung lainnya pun besar kemungkinan tertular.

Untuk membuat anak burung puyuh yang sakit segera pulih maka buatkan tempat yang nyaman untuknya. Sarang yang bersih dan hangat. Caranya, yaitu dengan membuatkan sarang dari dus bekas atau keranjang yang dialasi daun-daun kering atau kain bekas yang hangat dan kering. Untuk membuat sarang tetap hangat Anda bisa menggantung sebuah lampu 15 watt dengan jarak 20-30cm dari tubuhnya.

Setelah sarangnya nyaman, sarang ini harus dipelihara kebersihannya. Tujuannya tentu agar anak burung  tidak kedinginan dan terhindar dari semut atau serangga pengganggu lain. Merawat kebersihan sarang dilakukan dengan selalu membersihkan kotoran burung dengan segera. Dengan begitu, kondisi kesehatannya bisa lebih cepat pulih.

Memberi makan dan minuman yang cukup juga termasuk salah satu perawatan yang harus dilakukan. Karena penglihatannya anak burung puyuh belum cukup baik maka gunakan pipet untuk memberinya makan dan minum. Buat adaonan pelet baru yang berbentuk bubur setiap akan memberi makan. Cukup 3-4 butir pelet ditambah air hangat.

Untuk mengobati penyakitnya, hendaknya anak burung puyuh diberikan obat yang manjur. Salah satunya yaitu dengan campuran madu dan 10 ml EM4 yang dicampurkan 1,5 liter air. Campuran ini sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit burung puyuh, baik yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Demikian tips cara merawat anak burung puyuh sakit ini, semoga bermanfaat.***

Selanjutnya : Sejarah Berdirinya Universitas Pembangunan Yogyakarta
Sebelumnya: Mengenal Sistem Pemerintahan Singapura
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar