Cara Merawat Anak Murai Batu


Burung murai batu adalah burung yang sering digunakan untuk lomba karena kicauannya yang indah. Pada artikel kali ini, saya akan membahas bagaimana cara merawat anak murai batu atau yang sering disebut dengan trotol.

Memilih Anak Murai Batu

Tak hanya itu, sebelum kita mengetahui cara merawat anak anak murai batu, alangkah baiknya kita tahu cara memilih anak murai batu. Memilih anak Murai Batu yang cocok dipelihara.

Langkah pertama adalah, tetapkan orientasi burung murai batu yang akan beli nanti, apakah akan digunakan untuk lomba atau hanya dinikmati kicauannya di rumah.  Setelah itu, barulah kita memilih anak murai batu untuk kita pelihara dan kita rawat hingga dewasa.

Hal yang diperhatikan saat memilih anak murai batu adalah penampilan fisiknya. Pastikan anak murai batu itu sehat secara fisik, tidak cacat, dan memiliki anggota tubuh yang lengkap. Selain itu, perhatikan juga bulu anak murai batu yang akan kita beli. Pilihlah anak murai batu yang berbulu mengkilat, tidakkusut, dan tentu saja bersih.

Perhatikan juga perilaku anak murai batu. Burung yang sehat adalah yang bergerak agresif, lincah, dan aktif. Paruh anak murai batu yang besar dan kokoh juga merupakan nilai tambah yang harus dipertimbangkan.

Sorot mata yang tajam juga merupakan indikasi bahwa anak murai batu tersebut memang berkualitas. Jika memungkinkan, cek juga silsilah dari anak murai batu tersebut, pilih yang berasal dari induk yang berkualitas.

Memelihara Anak Murai Batu

Lalu, bagaimana cara memelihara anak murai batu? Beri makan anak murai batu dengan kroto atau yang sering disebut dengan EF. Kenapa? Karena kroto ini diketahui mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang ulat kandang atau jangkrik (UK).

Mandikan anak murai batu ini secara teratur agar tetap bersih dan mengurangi risiko terkena penyakit. Cara memandikan anak murai batu ini cukup mudah, cukup siapkan wadah berisi air dan masukkan ke dalam kurungan anak murai batu, anak murai batu tersebut akan mandi dengan sendirinya.

Setelah anak murai batu ini selesai mandi, angin-anginkan di luar ruangan. Namun usahakan, anak Murai Batu terlindung dari sinar matahari secara langsung selama sekitar 20 menit atau lebih.

Demikian paparan mengenai anak murai batu dan bagaimana cara merawat anak murai batu. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Penyebab dan Akibat Sakit Gusi
Sebelumnya: Cara Menggunakan Poin Agoda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar