Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Selalu Berkicau


Meski suka berkelahi, tetapi burung cucak ijo bukan merupakan burung aduan. Sehingga dia lebih sering dipelihara untuk dinikmati suara kicauannya. Lalu bagaimanakah cara merawat burung cucak ijo agar selalu berkicau setiap hari? Berikut ini ada beberapa tipsnya.

Tip Merawat Cucak Ijo

Pertama pilihlah burung yang jenis kelaminnya jantan. Setelah itu, binatang peliharaan ini dapat dimandikan tiap pagi sekitar jam tujuh. Namun jika cuacanya sedang mendung atau dingin, dapat dilakukan lebih siang. Caranya tinggal menggunakan alat semprot atau lebih baik lagi memakai cepuk. Namun bila memilih cepuk, harus segera diambil setelah acara mandi usai.

Selanjutnya adalah menjemur burung tersebut sekitar satu jam. Namun bila keadaan tidak terlalu memungkinkan karena cuaca mendung, burung harus tetap ditaruh di luar dan diangin-anginkan agar bulunya cepat kering dan tubuhnya tidak kedinginan.

Jangan lupa untuk memberi makanan yang kandungan gizi serta vitaminnya cukup. Bila memilih makanan buatan pabrik atau kemasan, perhatikan dengan saksama apakah kandungannya hanya untuk menjaga kondisi tubuhnya atau dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas suaranya dalam berkicau.

Makanan lain untuk tambahan juga harus selalu disediakan misalnya jangkrik, bisa diberikan dua atau tiga ekor pada pagi hari serta sore dengan porsi yang sama. Kroto atau ulat hongkong dapat dijadikan sebagai pilihan juga untuk mendorong burung tersebut makin rajin berkicau.

Agar suara kicauan burung cucak ijo makin terdengar baik dan sempurna, bisa dilakukan dengan cara pemasteran. Misalnya mendekatkan pada burung lain yang suarannya sudah jadi dan indah. Atau bisa juga melalui kaset maupun CD dam media pemutar MP3 lainnya.

Carilah rekaman suara kicauan burung yang pernah menjadi juara atau bisa melalui download di internet. Makin sering mendengar suaru tersebut, burung cucak ijo akan selalu menirunya hingga kualitas suaranya bisa mengalami peningkatan.

Selain itu, yang tidak boleh dilupakan adalah, kondisi tempat yang digunakan untuk menaruh atau memelihara burung harus selalu tenang. Teknik dan cara merawat burung cucak ijo yang satu ini harus diperhatikan betul sebab ketenangan akan membawa pengaruh pada suara kicauannya. Selain itu, jangan sekali-sekali memutar musik maupun suara lain di sekitar kandangnya. Hal ini bisa memberi efek yang tidak bagus pada burung terutama saat masih belajar berkicau.

Selanjutnya : Membuat Resep Keripik Pisang Keju Khas Lampung
Sebelumnya: Keuntungan Perdagangan Luar Negeri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar