Teknik dan Cara Merawat Burung Kenari Agar Suaranya Bagus


Meski ukurannya mungil dan kecil, tetapi burung kenari disukai banyak orang karena punya suara kicauan yang terdengar indah dan merdu. Namun pemilik dan pemelihara juga harus tahu teknik dan cara merawat burung kenari agar suaranya bagus dan memikat.

Tip Merawat Burung Kenari

Jika mengingat keunikan burung kenari tidak hanya terletak pada suara kicauannya, namun juga pada tampilan dan warna bulunya. Karena itu, tidak berbeda jauh dengan hewan lain yang dipelihara dalam kandang, bagian terpenting yang perlu diperhatikan yaitu kondisi sangkar harus selalu dalam keadaan yang bersih.

Sangkar yang selalu kotor serta jarang dirawat kebersihannya membuat burung kenari merasa tidak nyaman sehingga dia menjadi malas berkicau bahkan suaranya tidak terlalu bagus didengar oleh telinga. Kebersihan kandang ini perlu diperhatikan dengan baik, terutama pada daerah yang digunakan untuk menaruh makanan.

Kotoran yang muncul bisa menempel pada makanan tersebut sehingga bisa menimbulkan efek lain yang lebih serius yaitu munculnya gangguan kesehatan pada burung kenari tersebut. Selain itu, makanan kotor juga dapat membuat selera makannya menjadi turun. Kondisi ini tidak saja membuat burung sakit, namun menjadi malas berkicau dan suaranya tidak berkualitas.

Kemudian untuk proses pemandian dan penjemuran harus diperhatikan betul. Perlu diingat jika ukuran tubuh burung kenari yang kecil memberi pengaruh pula pada daya tahan tubuhnya. Oleh sebab itu, ketika dimandikan harus segera dijemur agar tubuhnya langsung menjadi hangat lagi.

Namun tidak boleh dilupakan pula, penjemuran ini tidak boleh dilakukan terlalu lama karena kenari merupakan jenis burung yang tidak terlalu kuat menghadapi sinar matahari apalagi ketika cuaca sedang panas.

Selain itu, dalam kandangnya juga harus diberi bak penampungan air agar kenari bisa mandi atau membasahi tubuhnya sendiri. Hal ini sering dia lakukan ketika terjadi proses pergantian bulu di tubuhnya.

Proses pergantian tersebut membuat badannya terasa lebih panas sehingga dia butuh air agar bisa mendapatkan hawa yang lebih dingin. Air ini sebaiknya diganti tiap hari agar tidak muncul jamur yang bisa menimbulkan serangan penyakit.

Selain tahu cara merawat burung kenari agar suaranya bagus, ada teknik lain agar mendapat kenari yang suara kicauannya lebih sempurna yaitu paruh dan lehernya lebih tebal serta punya badan yang panjang.

Selanjutnya : Membuat Karedok Resep Khas Sunda
Sebelumnya: Tips Membuat Kenari Gacor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar