Cara Merawat Burung Kenari Lokal


Burung kenari sedang populer saat ini karena keindahan suaranya, membuat orang berbondong-bondong memeliharanya. Untuk tetap menjaga keindahan suara dan warna bulu burung kenari yang berasal dari daerah sendiri, seseorang harus mengetahui cara merawat burung kenari lokal.

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary pada Abad ke-15 oleh pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout. Pelaut itu terpesona akan suara merdu dan warna cerah burung kenari.

Ciri khas yang dimiliki burung kenari sehingga digemari oleh banyak orang ialah dari warnanya yang kuning lembut dengan wajah yang lucu serta suaranya yang indah. Burung mungil ini memiliki nafas yang panjang dan merdu sehingga seolah burung ini dapat bernyanyi. Warna dari burung kenari tidak hanya kuning, tapi ada berbagai macam warna dan bentuk.

Contoh burung kenari dengan berbagai warna dan ciri khas yaitu burung Kenari Yorkshire, Waterslager, Border, Norwich,  Gloster, Roller, Fusan, Frill, Belgia, Scoth fancy, Gibber Italicus, dan Kenari Crested. Sedangkan burung kenari yang banyak terkenal di Indonesia dan dapat ditemukan di pasar burung adalah Kenari Taiwan, Kenari Cina, Kenari Gloster, Kenari  Holland, Kenari Yorkshire, Kenari Silangan Lokal.

Seorang pemelihara harus mempelajari bagaimana cara yang baik dalam merawat burung kenari. Untuk merawat burung kenari lokal, seorang pemeliharanya harus selalu memperhatikan hal-hal berikut. Menghindarkan burung kenari dari angin kencang, sinar matahari langsung, dan jangan lupa selalu menyediakan air bersih, pakan bijian, dan juga pakan tambahan supaya kesehatan burung lebih baik.

Untuk perawatan fisik berupa lingkungan dan keindahan fisiknya, burung kenari juga harus diperhatikan. Seperti selalu membersihkan kandang secara rutin, mewaspadai adanya kutu dan tungau pada bulu, dan menggunting kuku burung yang sudah panjang. Dengan begitu, burung kenari akan terjaga kesehatan dan keindahannya. Ada hal yang perlu diperhatikan lagi bahwa burung kenari menyukai terik matahari, jadi pada saat pagi hari jemur burung kenari sekitar satu jam.

Performa burung kenari harus senantiasa diperhatikan karena suaranya merupakan daya tarik burung ini. Supaya burung ini memiliki nafas yang panjang sehingga dapat bernyanyi indah, burung kenari sebaiknya diletakkan pada kandang yang luas. Begitulah cara merawat burung kenari lokal yang baik.

Selanjutnya : Cara Membuat Figura dari Kardus
Sebelumnya: Cara Instan untuk Menjadi Kuat Mudah Fisik dan Stamina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar