Cara Merawat Ikan Hias dalam Toples


Cara merawat ikan hias dalam toples ternyata susah-susah gampang. Toples adalah wadah yang terbuat dari kaca yang digunakan sebagai wadah untuk produk-produk makanan. Sifat dari kaca itu sendiri dapat menjadikan makanan tahan lama. Kaca juga tidak menguraikan zat kima berbahaya, seperti halnya bahan plastik.

Jenis Ikan Hias

Ikan hias cupang (Betta,sp) merupakan ikan hias yang biasanya disimpan dalam media toples. Berbeda dengan ikan-ikan hias lain yang bisa hidup berdampingan, ikan hias cupang merupakan ikan hias yang memiliki sifat penyendiri.

Ikan ini lebih mengutamakan kekuasan daerahnya, sehingga apabila ikan cupang disatukan dengan ikan hias yang lain, ikan cupang akan mengalami kerusakan pada ekor akibat perkelahian dalam perebutan kekuasan.

Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang memiliki keindahan dari bentuk ekor. Ekor ikan cupang akan berkembang seperti helai-helai kain yang terjuntai. Ikan cupang terdiri atas tiga jenis, ikan cupang hias, ikan cupang adu, dan ikan cupang liar. Habitat dari ikan cupang tersebut tersebar di Asia, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Cara Memlihara Ikan Hias

Cara memelihara ikan cupang yang disimpan pada toples adalah dengan mengganti air secara rutin karena air yang tidak pernah diganti akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada tubuh ikan terutama pada bagian ekor, sehingga terjadi kerontokan bagian ikan tersebut.

Air yang bersih menjadi salah satu syarat utama untuk memelihara ikan cupang. Pada saat penggantian air, pemindahan ikan cupang pun harus dilakukan dengan hati-hati karena pemindahan yang tidak sesuai akan mengakibatkan ikan cupang menjadi stres dan lebih mudah mati.

Untuk memindahkan ikan dan mengganti airnya, Anda perlu menyisihkan ¼ air dari toples yang lama. Beri obat jamur pada toples yang berisi air yang baru diganti sebelum ikan dipindahkan. Biarkan beberapa jam sampai obat tersebut benar-benar menyatu dengan air. Baru masukkan kembali ikan ke tempatnya.

Cara merawat ikan hias dalam toples memang termasuk susah-susah gampang bergantung pada jenis ikan hias apa yang kita pelihara dan hanya beberapa jenis ikan yang bisa dipelihara dalam toples. Ikan mas koki, ikan hias mas meteor, ikan tomang, dan ikan-ikan tawar lainnya adalah jenis ikan yang dapat dipelihara dalam toples. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Membuka Travel Pesawat Terbang
Sebelumnya: Tips Melahirkan Tepat Waktu, Normal atau Saesar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar