Cara Merawat Kucing Hutan Ras Bengal

Bagaimana cara merawat kucing hutan, terutama ras Bengal?

Kucing merupakan salah satu binatang yang banyak dijadikan peliharaan, tak  terkecuali kucing hutan, kucing hutan ras Bengal misalnya. Berbeda dengan kucing domestik yang cenderung lebih jinak, kucing hutan, termasuk kucing Bengal, berkarakter  lebih liar, sehingga memerlukan penanganan khusus agar dapat jinak seperti kucing domestik.

Loading...

Cara merawat kucing hutan ras Bengal memang tak seperti memelihara kucing domestik, tapi jika Anda sudah bertekad bulat memeliharanya, Anda akan senang menjalaninya.

Kucing Bengal memiliki karakteristik  dinamis dan atletis. Ia aktif bergerak,  lincah, dan senang bermain. Takseperti kucing biasa, kucing Bengal memiliki otot yang kuat, bentuk badannya  lurus dan atletis, bulunya tebal dan halus, serta memiliki ciri khas bantalan di ujung hidungnya yang lebar,  dan lingkaran  kedua bola matanya yang  membulat membentuk cekungan.

Penanganan Khusus

Kucing Bengal termasuk kucing yang temperamental sebagaimana karakter kucing hutan pada umumnya.  Kucing Bengal takbisa diam dan bermanis-manis seperti halnya kucing domestik, kucing Bengal  senang sekali meloncat-loncat dan bermain-main.

Jika Anda berniat memeliharanya, Anda harus memiliki waktu untuk memberikan perhatian ekstra padanya. Kucing Bengal senang diajak bermain-main, luangkan waktu untuk bermain-main dengannya.

Adapun cara merawat kucing hutan ras bengal, dalam urusan memandikannya, Anda takperlu sering-sering melakukannya. Anda pun takperlu sering-sering menyisir bulunya. Yang perlu dibersihkan lebih sering adalah bagian telinganya.

Untuk urusan makanan, kucing Bengal takterlalu berbeda dengan kucing domestik, yang penting Anda harus mengetahui dulu asal-usul Si Bengal ini, karena tiap Bengal yang berasal dari daerah tertentu maka makanannya pun harus disesuaikan.

Kucing yang Senang Bermain Air

Kebiasaan khas lainnya tentang Si Bengal ini, ia gemar bermain-main air. Kucing Bengal senang mendekati air yang mengalir, misalnya air yang mengocor dari kran atau bermain-main di kolam ikan. Ia juga senang berendam dalam air.  Karakter yang benar-benar berbeda dengan kucing kebanyakan yang takut air, Si Bengal ini malah menyukainya.

Karakter Si Bengal  bisa dibilang seperti Tarzan yang liar. Maka Anda perlu menangani karakter liarnya ini secara khusus. Salah satu penanganan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikannya mainan yang disukainya.

Anda dapat mencobanya dengan mengajak bermain bola yang diberi tali pengait agar Anda dapat mengendalikannya, atau mainan lainnya yang sekiranya akan disukainya. Biarkan si kucing mengajar-ngejar bola yang Anda kendalikan.

Penting pula untuk diingat, sering-seringlah memantau pintu keluar. Jangan biarkan pintu keluar terbuka, karena Si Bengal ini senang sekali berlarian, dikhawatirkan akan keluar rumah dan hilang rimbanya.

Cara merawat kucing hutan ras Bengal ini memang memerlukan perhatian khusus dan ekstra. Jika Anda takbenar-benar berniat dan memiliki tekad bulat untuk memeliharanya, lebih baik jangan, karena kucing liar ini bisa membahayakan pemiliknya jika salah penanganannya.

Loading...
Selanjutnya : Cara Masak Daging Indonesia
Sebelumnya: Cara Perhitungan Kalender Masa Subur Tanggal Mens 25
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar