Cara Merawat Lingkungan Sekitar Agar Tetap Bersih dan Sehat


Kebersihan adalah salah satu pangkal dari kesehatan. Oleh karena itu sudah merupakan hal yang wajar jika semua orang punya kewajiban untuk menjaga lingkungannya agar keadaannya selalu bersih. Ada banyak cara merawat lingkungan sekitar yang bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Misalnya menjaga air yang merupakan kebutuhan utama manusia serta makluk hidup lainnya. Air ini tidak hanya dipakai untuk minum atau membuat makanan saja tapi juga untuk keperluan yang lain seperti mandi, mencuci pakaian dan sebagainya. Khusus untuk minum dan masak, air harus dalam keadaan bersih dan tidak ada kuman penyakitnya.

Untuk menjaga kelestarian maupun perawatannya, dapat dilakukan dengan cara tidak membuang sampah atau kotoran lain pada saluran pembuangan air dan sungai. Sampah yang banyak dapat membuat sungai menjadi kotor dan menimbulkan akibat fatal yaitu bencana banjir. Apalagi jika air dalam aliran sungai tersebut digunakan penduduk sekitar untuk melakukan berbagai macam kegiatan, tentu menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu bencana banjir juga bisa dihindari dengan melakukan penghijauan terutama di daerah perbukitan yang sudah gundul dan jarang ada tanamannya. Selain dapat mencegah tanah longsor dan banjir, penghijauan juga mampu dijadikan sebagai resapan air yang nantinya bisa digunakan ketika musim kemarau tiba.

Udara juga punya fungsi yang sangat vital bagi semua makluk hidup untuk bernafas. Tanpa ada udara, manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan akan binasa. Karena itu udara juga termasuk salah satu lingkungan yang harus terus dijaga dengan baik. Masalah yang paling sering muncul adalah polusi dan pencemaran.

Kejadian ini disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya asap pembakaran atau kendaraan, asap dari pabrik dan sebagainya. Salah satu teknik yang bisa dilakukan yaitu mengurangi penggunaan alat dapat membuat udara menjadi kotor. Tapi bila keadaan tidak memungkinkan, daerah yang sering kena polusi bisa diberi tanaman berdaun rindang. Hal ini bisa mengurangi efek polusi.

Selain itu masih ada cara merawat lingkungan sekitar yaitu menjaga tanah agar tetap subur, misalnya tidak menggunakan pestisida secara berlebihan. Bahkan jika perlu penanaman dapat dilakukan dengan sistem organik.

Selanjutnya : Mengetahui Cara Merangkum Isi Buku
Sebelumnya: Sekilas Profil Pencipta Lagu Home Michael Buble
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar