Cara Merawat Pohon Jeruk Agar Menghasilkan Buah yang Berkualitas


Agar hasil panennya bisa melimpah serta punya kualitas yang bagus petani dan pemilik kebun jeruk harus mengetahui bagaimana cara merawat pohon jeruk sehingga tidak terjadi kesalahan. Karena sekecil apapun kesalahan tersebut bisa membuat proses pertumbuhan tanaman ini tidak dapat berjalan dengan baik dan kualitas panennya dapat menurun.

Salah satu kesalahan yang sering muncul adalah melakukan pekerjaan pemupukan. Pupuk yang digunakan untuk menyuburkan pohon jeruk punya takaran yang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis jeruk yang ditanam dan kondisi tanah atau hara pada lokasi untuk penanaman tersebut. Tentu saja makin besar dan tua usia pohon tersebut, kebutuhan pupuknya juga makin banyak.

Setelah bibit berusia tiga bulan hingga satu tahun pemupukan bisa dilakukan pada bulan ke enam dan sembilan serta bulan keduabelas. Untuk jeruk jenis keprok misalnya, pupuk yang dibutuhkan yaitu KCL, urea dan TSP dengan perbandingan 1:1:1 dan setiap pohon memerlukan sekitar 750 gram atau 300 kilo untuk satu hektarnya. Pemupukan ini dilakukan dengan cara dimasukan ke dalam lubang berukuran 15 hingga 20 sentimeter dan dibuat di sekitar tajuk tanaman.

Sistem pengairannya juga harus mendapat perhatian, sebab tanaman ini sangat senang pada suhu yang lembab apalagi dengan curah hujan yang tinggi. Sistem pengairan punya peran yang sangat penting terutama ketika musim kemarau tiba. Jika kekurangan air, bisa mengakibatkan tanaman jeruk mengalami kerontokan pada bunga atau tunas buahnya. Karena itu persediaan kebutuhan ini harus dipikirkan secara teliti termasuk teknik penyiramannya.

Selanjutnya adalah pemangkasan, harus segera dilakukan bila ada bagian daun atau batang yang kena serangan penyakit atau hama. Tujuannya yaitu agar tidak terjadi penularan di bagian lain. Selain itu pemangkasan juga berfungsi untuk memaksimalkan proses penyinaran dari matahari agar bisa merata. Penyinaran yang baik bisa membuat tanaman jeruk menghasilkan buah dengan ukuran maksimal.

Kemudian cara merawat pohon jeruk terakhir yang perlu diperhatikan yaitu pemeliharaan saat bunga mulai tumbuh. Agar nanti pertumbuhan buahnya bisa maksimal disarankan untuk memilih beberapa bunga saja dan lainnya bisa dipangkas. tapi jika tanaman jeruk ini sudah besar, semua bunga bisa dijadikan buah.

Selanjutnya : Isi Sepuluh Perintah Tuhan yang Terdapat dalam Al-Quran
Sebelumnya: Mengetahui Peran Pemerintah dalam Dunia Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar