Cara Merebus Kulit Buah Manggis


Manggis merupakan buah yang juga bisa dibuat sebagai obat alternatif. Buah manggis dapat dikenali dengan bentuknya yang bulat serta berkulit tebal. Kulit manggis sendiri mempunyai khasiat yang tak terbantahkan, hingga saat ini ada produk obat yang merupakan ekstrak dari kulit manggis. Lalu bagaimana cara merebus kulit buah manggis agar dapat diambil khasiatnya?

Kulit manggis dapat mengobati banyak penyakit, bahkan kulit buah ini sudah lama dikenal orang Barat untuk kesehatan tubuh. Sebagian dari mereka mengkonsumsi kulit manggis atau ekstrakannya secara berkala. Namun sayangnya kita sebagai pemilik buah ini malah jarang memanfaatkan keberadaannya. Berikut ini kita bahas cara mengolah kulit manggis supaya enak dimakan atau diminum.

Cara Merebus Kulit Buah Manggis

Manggis merupakan buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar, dan terutama pada kulitnya terdapat antioksidan yang alami dan kadarnya cukup tinggi. Antioksidan tersebut yakni xanthone, antioksidan ini berkhasiat mengobati berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Cara mengolah kulit manggis tidaklah terlalu sulit, namun yang perlu diperhatikan pada kulit manggis terdapat area yang sangat pahit sehingga harus disingkar terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa cara mengolah kulit manggis agar dapat dikonsumsi dengan enak dan nyaman, tanpa ada rasa pahit malah enak rasanya.

1. Kulit manggis untuk jus

Bagian kulit manggis yang mengandung rasa pahit adalah pada bagian yang mendekati daging buah, biasanya berwarna kuning kecoklatan. Jadi keroklah bagian yang dalam dari kulit manggis agar menghindari rasa pahit. Setelah itu, kerokan kulit manggis tersebut bisa dicampur dengan buah lain semisal jambu merah, mangga atau apel. Setelah itu blender dengan ditambahkan pemanis berupa gula jawa sesuai selera.

2. Kulit manggis direbus

Ambil 5 kulit manggis kemudian rebus bersama air sampai mendidih, rebisan air manggis tersebut mengandung saripati kulit manggis. Minumlah rebusan kulit manggis tersebut dengan ditambahkan gula jawa, atau bila ingin lebih enak dibuatkan jus agar tidak ada rasa pahit sama sekali.

3. Kulit manggis dikeringkan

Setelah makan buah manggis sebaiknya tidak membuang langsung kulitnya, cobalah untuk dikeringkan di bawah terik matahari. Kulit manggis yang sudah kering tersebut bisa awet dalam beberapa minggu bahkan bulan bila diolah lebih baik. Bila ingin merasakan khasiat kulit manggis, maka kulit yang sudah dikeringkan itu cukup diseduh bersama teh hangat ditambahkan madu.

Demikianlah cara merebus kulit buah manggis sehingga tidak rasa pahitnya berkurang, dan selamat mencoba!

Selanjutnya : Panduan tentang Tips Memakai Ninja 150 R dengan Medan Jalan Ekstrim
Sebelumnya: Cara Menuju Plaza Senayan Busway
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar