Cara Meresensi Sebuah Novel


Cara meresensi sebuah novel itu ada tekniknya. Teknik ini agar mampu membuat resensi yang berimbang. Cara yang pertama adalah mempelajari resensi yang sudah ada terlebih dahulu. Setelah membaca 3-5 buah resensi, biasanya akan bisa mendapatkan ruh dari apa yang dimaksud dengan resensi sebuah novel.

Memilih Novel yang Baik

Karena biasanya novel yang akan diresensi itu adalah novel yang disenangi, pembuat resensi terkadang terjebak pada antusiasme dalam menilai novel tersebut. Pada akhirnya, pujian terasa berlebihan.

Padahal, pembuat resensi harus bisa objektif dalam memberikan keterangan tentang kekurangan dan kelebihan sebuah novel. Dengan tidak memberikan pujian yang berlebihan, artinya masih ada rongga kritikan yang bisa disampaikan. Kritikan yang tidak terlalu tajam tentunya. Kalau kritikan sangat tidak berimbang juga tidak baik bagi resensi tersebut.

Agar berimbang, usahakan untuk mengetahui tentang penulis dan karya lainnya dari penulis tersebut. Bandingkan dan buatlah penilaian dari berbagai sudut, seperti teknik penceritaan, alur cerita, teknik mengakhiri cerita, tata bahasa, dan kesalahan lainnya yang bersifat teknis.

Langkah Meresensi

Langkah selanjutnya adalah membaca novel itu dari awal hingga akhir, membuat data novel, seperti penerbit, jumlah halaman, dan tahun terbitan. Data novel ditulis diawal resensi. Berikan sinopsis sedikit dan bahas tokoh-tokoh dalam novel. Tidak perlu terlalu dalam, cukup ringkas saja. Ingat bahwa resensi itu bukan ringkasan cerita. Jangan sampaiterjebak dalam hal ini.

Tujuan meresensi itu adalah memberikan data objektif terhadap keberadaan sebuah novel. Dari data itu, para calon pembeli novel tersebut bisa berharap sesuatu. Harapan itu pun tidak terlalu muluk-muluk. Jangan sampai memberikan penilaian yang terlalu tinggi sehingga pembaca merasa sangat penasaran tetapi akhirnya merasa kecewa.

Resensi bisa menjadi iklan bagi penulis dan penerbit. Untuk itu, kalau ada novel yang diresensi, seharusnya penulis dan penerbit berterima kasih kepada sang pembuat resensi. Apalagi kalau resensi itu sampai diterbitkan oleh media cetak. Tentu saja hal ini menambah nilai tersendiri kepada novel itu.

Agar menjadi pembuat resensi yang mahir dan banyak mendapatkan pesanan dari penerbit atau penulis, pelajarilah cara meresensi sebuah novel secara saksama. Pengalaman dan latihan akan membuat pembuat resensi menemukan cara dan teknik yang bagus.

Selanjutnya : Aplikasi Chatting untuk Laptop
Sebelumnya: Dunia Gulita Tanpa Unsur Renium
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar