Cara Mudah Menyamakan Suara dengan Piano untuk Gitar

Menyamakan suara nada pada gitar dinamakan dengan stem atau menyetem. Tujuannya adalah agar saat dimainkan alat musik petik tersebut tidak terdengar sumbang dan fals. Salah satu media yang bisa dipakai untuk melakukan penyeteman ini adalah piano. Ada cara mudah menyamakan suara dengan piano bagi gitar tersebut.

Menyamakan Suara Gitar dan Piano

Alasan penggunaan piano ini adalah karena selalu menghasilkan suara atau nada dengan patokan yang lebih bagus serta jelas dibanding alat musik lainnya. Jadi hasil penyeteman yang dilakukan juga mampu memunculkan nada suara yang lebih akurat dan nyaman didengar oleh telinga.

Pertama yang harus dilakukan adalah membunyikan senar yang keenam pada gitar tanpa adanya tekanan. Selanjutnya piano dibunyikan menggunakan nada Mi rendah atau E rendah. Selanjutnya samakan antara suara dan nada gitar yang keenam tersebut dengan suara yang muncul dari piano.

Hal yang sama juga dilakukan pada senar yang kelima, tapi tuts pada piano yang harus ditekan atau dibunyikan adalah La rendah atau A rendah. Lalu suara senar gitar disamakan lagi dengan suara dari piano tersebut. Sedangkan untuk senar keempat, nada dari piano yang dipakai untuk melakukan hal yang sama yaitu Re atau D.

Kemudian untuk senar yang ketiga nadanya Sol atau G. Sedangkan senar kedua memakai nada Si atau B. Dan yang terakhir, senar pertama atau kesatu, nada suara dari piano yang dibutuhkan untuk penyelarasan yaitu Mi tinggi atau E tinggi. Semua senar ini ketika dibunyikan tetap tidak boleh ditekan pada bagian fretnya. Jadi sistemnya juga sama seperti senar yang keenam.

Jika tidak mempunyai piano masih ada metode lain yang bisa dilakukan yaitu memakai alat yang dinamakan dengan elektornik tuner. Alat ini dapat dibeli di toko yang menjual peralatan musik dengan harga yang tidak terlalu mahal dan ada beberapa macam pilihan tergantung merknya.

Sistem pengoperasiannya menggunakan baterai atau adaptor yang bisa ditancapkan pada saluran listrik. Khusus untuk yang menggunakan batu baterai, kondisi energi atau powernya harus dalam keadaan penuh. Bila sudah terlalu lemah, hal ini bisa mempengaruhi nada suara yang muncul.

Dari dua pilihan ini, cara mudah menyamakan suara dengan piano bagi gitar sebenarnya jauh lebih enak dipraktekkan. Namun dengan catatan kondisi piano tersebut harus dalam keadaan yang standar dan tidak sedang mengalami kerusakan.

Selanjutnya : Waktu-waktu Shalat Fardhu
Sebelumnya: Adakah Jurusan Teknik Geodesi Ekstensi di Bogor?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...