Cara Mudah Tanam Jagung dengan Modal Kecil


Cara mudah tanam jagung dari dulu hingga sekarang tidaklah mengalami perubahan yang berarti. Hingga cara ini masih menjadi cara yang sering dilakukan para petani jagung di Indonesia. Walaupun memiliki efek yang kurang baik terhadap  lingkungan namun bagi petani cara ini termasuk cara yang paling hemat dengan resiko gagal panen yang kecil. Jika Anda termasuk salah seorang yang ingin mencoba peruntungan dalam berkebun jagung maka artikel ini bisa jadi salah satu panduan yang paling pas untuk Anda.

Untuk bisa menjadi petani jagung Anda tidak harus menjadi seorang yang ahli. Cukuplah ketika Anda memiliki lahan setidaknya 1 HA yang bisa Anda jadikan kebun jagung. Selain itu sedikit modal awal untuk menanam dan waktu yang cukup untuk mengelola kebun jagung Anda sendiri. Berikutnya tentu keyakinan dan kemauan keras untuk berkebun jagung hingga semua langkah yang Anda lakukan dilakukan sebaik mungkin dan penuh semangat. Begini langkah-langkahnya.

Penyiapan Lahan

Jika lahan yang Anda miliki adalah lahan yang kosong dan bersih tentu akan mempermudah penanaman karena Anda tinggal sedikit membersikan lahan dan mulai melakukan penanaman. Namun jika di lahan Anda ternyata banyak terdapat gulma dan rumput liar maka Anda bisa memberi lahan Anda herbisida yang cukup untuk mematikan rumput dan gulma yang tumbuh. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 3 hari saja.

Pencarian Bibit

Sementara menunggu pembersihan lahan, Anda bisa melakukan sedikit penelitian yaitu dengan mengobrol dengan  petani jagung yang pernah sukses dengan kebun jagung yang pernah dikelolanya. Terutama petani yang mengelola kebun jagungnya sendiri. Dengan begitu ia mengetahui  benar jenis bibit jagung unggul yang berhasil di tanamnya di lahan yang berada satu daerah dengan lahan Anda. Alasannya karena bibit unggul yang bagus  di daerah lain belum tentu cocok di tanam di daerah Anda.

Penanaman

Jika sudah memilih bibit yang tepat maka siapkan lahan dengan membersihkan rumput liar dan gulma dengan melubangi tanah berjarak 20 cm antara 1 dengan lainnya. Masukan bibit jagung unggul yang tepat dan tunggu selama 3 minggu. Jika sudah 3 minggu berikan herbisida kembali agar rumput dan gulma tdak mengganggu jagung Anda lalu tunggu saat panen.

Pastikan penanaman dilakukan pada musim tanah agar hama jagung tidak hanya menyerang kebun Anda sendiri. Begitulah cara mudah tanam jagung. Cara ini bisa Anda lakukan untuk kebun jagung pertama Anda. Mudah dan tentunya hemat biaya. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Menulis Cerpen Bahasa Inggris
Sebelumnya: Pengertian Gender di Bidang Psikologi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar