Nilai Ekonomi Mempelajari Cara Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Berguna


Barang yang sudah tidak terpakai pasti selalu langsung kita buang. Namun, ada cara menarik agar barang yang seharusnya jadi sampah, kita tetap manfaatkan agar mengurangi sampah. Kita perlu mengetahui bagaimana cara pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna. Menjadikan barang bekas menjadi barang yang penuh nilai ekonomi tidak menjadi suatu kesalahan. Bahkan, dapat mendukung bisnis kita ini dan ini merupakan keuntungan yang lebih, karena tidak perlu mengeluarkan modal yang lebih. Dengan barang bekas sudah merupakan modal yang perlu kita olah kembali. Yuk kita lihat bagaimana cara pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna.

Jika kita melewati bengkel, banyak sekali ban bekas, sebenarnya dapat digunakan saat demo. Namun, itu pemanfaatan yang buruk, belum lagi jika ada bakar ban, akan merusak lingkungan. Hal yang akan lebih bermanfaat lagi adalah ban dapat kita pergunakan lagi untuk membuat pot bunga, kursi, dan meja. Alatnya dengan pisau dan gunting yang tajam. Ban bekas tersebut kita gunting-gunting seperti bentuk kursi, lalu kita lakukan pengayaman, dan semua hasil anyaman dapat kita jadikan untuk kursi dan meja untuk di taman.

Cara pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna tentunya tidak hanya berkutat pada ban saja. Ada juga keping CD atau DVD, kita pasti banyak memiliki keping CD dan DVD, apalagi yang bajakan tentu kita memiliki koleksi tersebut. Keping CD bajakan sebagian besar sering rusak karena rata-rata hanya untuk beberapa kali pakai saja, bahkan ada yang satu kali pakai langsung rusak, dan sebaiknya tidak usah membuangnya, namun kita gunakan untuk membuat jam dinding, atau untuk tirai jendela yang berumbai-rumbai.

Begitu juga dengan koran bekas. Biasanya, ayah kita rajin membaca koran, dan koran menumpuk begitu saja. Alangkah baiknya kita menjadikan koran yang harganya cuma 3000 rupiah menjadi barang yang melebihi harganya, tentunya kita akan sangat diuntungkan. Koran dapat kita jadikan pigura foto, tempat tisu, vas bunga, bahkan penulis pernah melihat dalam acara peragaan di tv, koran dapat dijadikan bunga-bungaan palsu yang sangat cantik sebagai pajangan, dengan cara membentuknya seperti bunga dan mengecat koran itu seperti warna bunga. Semua ini juga diberikan harga yang tinggi karena hasil karya adalah buatan tangan kita sendiri. Semoga ini dapat menjadi inspirasi untuk kita yang kreatif dengan cara pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna.

Selanjutnya : Resep Makan Praktis untuk Anak-anak
Sebelumnya: Cara Pake Make Up Tidak Berlebihan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar