Cara Pembuatan Anyaman Rotan untuk Kerajinan


Bagaimanakah cara pembuatan anyaman rotan ? Anyaman rotan untuk membuat kerajinan dapat menjadi salah satu alternatif di dunia bisnis handicraft masa kini. Banyak sekali bahan kerajinan mulai dari souvenir sampai dengan barang mebelair yang dibuat dari anyaman rotan.

Berikut adalah cara pembuatan anyaman rotan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis produk.

•    Pemilihan bahan rotan.

Untuk membuat sebuah produk yang hasilnya bagus harus dimulai dari pemilihan bahan yang berkualitas. Meskipun banyak tersedia bahan rotan sintetis, namun sebaiknya dipakai ritan alami dan dapat dibeli dari penghasil-penghasil rotan yang justru banyak berdomisili di desa-desa. Rotan yang baik tidak mengalami kecacatan, lentur dan mudah dilengkung tanpa patah. Rotan yang terlalu kering kurang bagus karena akan mudah patah ketika dibentuk menjadi anyaman.

•    Membuat desain suatu produk.

Desain atau rancangan sangat perlu di dalam cara pembuatan anyaman rotan karena dengan sudah membuat desain atau rancangan produk jadi, maka dapat disiapkan ukuran, bentuk maupun jenis rotan yang akan dianyam. Jika untuk furniture, rotan dapat disiapkan mulaidari bentuk utuh, potongan maupun sayatan. Sedangkan untuk produk handicraft atau souvenir yang relatif kecil seperti baki, pada umumnya diperlukan potongan kecil maupun sayatan rotan. Ukuran sayatan dan potongan juga harus disesuaikan dengan hasil akhir yang dikehendaki sesuai dengan desain.

•    Membuat rangka atau bahan produk.

Rangka sebagaimana tubuh maupun bangunan, merupakan pondasi awal membuat sebuah produk geometris. Setelah rangka disusun yang biasanya terdiri atas batangan rotan yang ditautkan satu sama lain dengan direkatkan dengan pilinan bilah rotan, selanjutnya detail ornamen berupa kulit atau bingkai luar disusun. Kulit luar atau bingkai merupakan anyaman dengan detil ornamen sesuai dengan seni desain yang telah dituangkan sebelumnya.

Anyaman kulit atau bingkai dapat dibuat dari kulit rotan yang dianyam secara tradisional sebagaimana anyaman bambu yang saling silang, keluar dan masuk, atau merupakan bilah rotan dengan ukuran tertentu yang kemudian saling dikaitkan satu sama lainnya dengan pilinan bahan rotan.

Cara pembuatan anyaman rotan dapat menjadi alternatif ide bagi anda yang ingin menekuni produk bidang craft maupun seni arsitektur dan furniture.

Selanjutnya : Menjelaskan Sketsa Contoh Rumah Adat Sunda
Sebelumnya: Pemain Sinetron Putri Yang Ditukar Di RCTI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar