Cara Pembuatan Jamu Secara Alami dengan Kencur


Kencur merupakan salah satu tanaman akar-akaran yang sering digunakan dan dimanfaatkan sebagai jamu tradisonal. Kencur juga dapat dikatakan sebagai tanaman obat karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan.

Cara Pembuatan Jamu

Cara pembuatan jamu secara alami dengan bahan dasar kencur sangatlah mudah dan murah.Asalkan mengetahui bahan-bahan alami membuat jamu.

Bahan-bahan untuk membuat jamu alami ini, ialah 3 ons kencur, 3 ons beras, 1 kg gula merah, ½ ons kayu manis, ½ sendok makan garam dapur, 13 biji buah kedaung dan 5 liter air masak. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di pasar dan di kebun tetangga apabila ada yang menanamnya.

Apabila bahan-bahan tersebut sudah siap, kemudian Anda dapat mulai mengolahnya menjadi jamu alami beras kencur. Langkah pembuatan jamu beras kencur ialah sebagai berikut.

1. Cuci setengah bagian beras, kemudian rendam selama 1 hari.
2. Sangrailah, beras yang setengah bagian lagi.
3. Haluskan buah kedaung.
4. Kemudian campurkan buah, beras yang telah direndam, dan kencur, lalu tumbuk hingga halus.
5. Masukan 10 gelas air pada hasil tumbukan tersebut, kemudian saring dan ambil airnya.
6. Rebus gula merah dengan 7 gelas air sampai mendidih dan tambahkan garam dapur.
7. Saring larutan gula, kemudian campur dengan air beras kencur.
8. Jika sudah dingin saringlah kembali.

Khasiat Beras Kencur

Khasiat beras kencur cukup banyak, minyak atsiri dalam beras kencur mengandung zat yang dapat mengurangi rasa sakit. Beras kencur juga dapat memulihkan atau menambah tenaga. Selain itu, beras kencur juga dapat menambah nafsu makan, hal ini sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Beras kencur adalah minuman yang menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Beras kencur merupakan minuman pelepas dahaga yang juga banyak digemari dan kaya manfaat.

Beras kencur merupakan minuman yang menyegarkan dan berkhasiat, hal ini membuka peluang bisnis dengan berdagang beras kencur. Pemasaran beras kencur juga cukup mudah, bisa di pasar-pasar tradisional maupun di toko-toko. Jika ingin dipasarkan melalui toko-toko, tentu saja bentuk kemasan perlu diperhatikan dengan baik.

Dengan mengetahui cara pembuatan jamu secara alami, seperti halnya beras kencur, Anda dapat menambah referensi untuk cara hidup sehat. Hidup sehat tidak selalu mahal, kita dapat memulai dengan membuat jamu sendiri. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Alasan untuk Tidak Bercerai dengan Suami Dalam Berumah Tangga
Sebelumnya: Akhlak Mulia Dalam Pergaulan Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar