Cara Pembuatan Keripik Singkong dan Tips Menjalankan Bisnisnya

Sesuai dengan namanya keripik singkong merupakan makanan yang bahan utamanya terdiri atas singkong. Selain punya rasa yang renyah, cara pembuatan keripik singkong ini cukup mudah dan praktis. Dan bagi yang tertarik menjalankan bisnis, makanan ringan ini dapat dijadikan sebagai   peluang usaha baru dengan hasil yang cukup menjanjikan.

Resep Membuat Keripik Singkong

Sebenarnya resep untuk membuat keripik singkong banyak sekali jenisnya, karena rasanya selalu bisa disesuaikan dengan selera. Yang perlu diperhatikan adalah pilih singkong yang masih segar atau baru dicabut dari ladang atau kebun.

Setelah dibersihkan atau dikupas kulitnya singkong dicuci, kemudian diiris tipis-tipis. Hasil irisan ini langsung direndam menggunakan air panas agar getahnya dapat hilang semua. Air rendaman tersebut sebaiknya diberi campuran berupa soda kue dengan perbandingan satu sendok teh soda digunakan untuk larutan sebanyak satu liter.

Tujuan dari penggunaan soda ini adalah agar setelah digoreng, hasil olahan keripik singkong akan semakin renyah dan empuk. Proses perendaman ini sendiri harus dilakukan terus hingga air jadi dingin. Setelah direndam, irisan singkong dibilas lagi dengan air bersih lalu ditiriskan.

Sementara itu siapkan perabot penggorengan dan minyak. Perlu diperhatikan, ketika menggoreng harus memakai api yang besar. Sementara itu, minyaknya menggunakan perbandingan 3 : 1. Setelah warnanya berubah menjadu kuning kecoklatan, gorengan singkong bisa diangkat lalu ditiriskan lagi agar tidak tercampur dengan minyak.

Langkah terakhir tinggal memberi bumbu yang saat ini sudah banyak dikembangkan variasi dan jenis atau aromanya. Mulai dari rasa balado, daging ayam atau yang gurih dan manis serta yang lainnya. Semua bisa dipilih sesuai dengan selera.

Tips Menjalankan Bisnis Keripik Singkong

Bisnis keripik singkong sangat mudah dijalankan karena hampir semua orang sangat menyukai makanan ringan ini. Meski demikian, agar dapat laris dan punya pelanggan banyak, kualitasnya harus benar-benar dijaga termasuk rasa dan aromanya. Jika dijual dalam bentuk kemasan, pilih kemasan dengan desain yang cukup menarik karena bisa menjadi nilai tambah.

Yang namanya kegiatan usaha memang selalu bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Tapi saat menjual keripik singkong, jangan terlalu tinggi dalam menentukan harga jual. Apabila ingin mendapat laba besar, salah satu metode terbaik, yaitu menjual dalam bentuk kemasan kecil karena lebih mudah laku dan banyak pembelinya.

Satu hal lagi, rajinlah belajar dan mempraktekan cara pembuatan keripik singkong agar mampu membuat inovasi yang baru. Jadi pelanggan dan pembeli tidak akan merasa bosan menikmati hasil produksi makanan tersebut karena selalu punya rasa yang bermacam-macam.

Loading...
Selanjutnya : Inilah Cara Penulisan Daftar Pustaka Lengkap
Sebelumnya: Cara Pasang Iklan Kehilangan Diinternet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar