Cara Pembuatan Pakan Ternak Sapi Dari Jerami Padi


Sapi merupakan salah satu hewan pemakan rumput. Namun di musim kemarau yang terlalu panjang, para peternak sapi sering kesulitan dalam mencari rumput.

Bahkan harga rumput pun bisa melambung terlalu tinggi. Namun, kini telah ditemukan cara pembuatan pakan ternak sapi yang berasal dari jerami.

Jerami merupakan salah satu limbah dari pertanian yang kini bermanfaat untuk para peternak sapi digunakan untuk pembuatan pakan bagi hewan ternaknya. Cara pembuatannya pun tidak begitu sulit. Marilah kita pelajari cara membuat pakan bagi sapi anda yang berasal dari jerami.

1.  Jerami Ditimbang serta Dipotong

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah menimbang jerami yang akan anda gunakan untuk membuat pakan sapi. Setelah ditimbang sesuai dengan keinginan anda, potong atau cacah jerami tersebut kira-kira 5-10 cm.

2.  Tambahkan Urea

Setelah jerami tersebut ditimbang dan dipoting maka anda dapat menambahkan urea sebesar 6% dari berat jerami yang anda gunakan sebagai bahan membuat pakan sapi tersebut.

3.  Siapkan Air Bersih

Anda juga harus menyiapkan air bersih sebanyak bobot jerami yang anda gunakan. Dari 100% air yang anda gunakan, ambil 30% untuk melarutkan urea di atas.

4.  Siapkan Silo

Silo merupakan wadah tempat untuk mencampur bahan-bahan pembuatan pakan sapi tadi. Silo bisa berupa lubang yang dibuat di tanah ataupun drum besar maupun plastik yang besar. Yang harus anda perhatikan adalah, beri alas plastik pada dasar silo sebelum jerami ditumpuk.

5.  Masukkan Jerami ke Silo

Setelah silo siap utuk digunakan maka langkah yang harus Anda lakukan adalah memasukkan jerami padi tersebut ke silo. Tumpuk jerami padi secara teratur, setiap ketebalan 20 cm harus dilakukan penyemprotkan urea yang telah dilarutkan dalam air tadi secara merata.

6.  Tutup Rapat

Setelah penumpukan jerami ke dalam silo selesai maka tutup rapat silo tersebut serta biarkan atau diamkan selama 4 minggu.

7.  Pakan Siap Digunakan

Setelah 4 minggu buka tutup silo tersebut. Maka proses pembuatan pakan sapi dari jerami padi siap digunakan.

Cukup mudah bukan cara pembuatan pakan ternak sapi dari jerami padi tersebut. Bahan-bahannya pun dapat dengan mudah para peternak sapi dapatkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Korupsi Kolusi Nepotisme
Sebelumnya: Mewaspadai Dampak HP bagi Pelajar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar