Cara Pembuatan Seni Kriya Bernilai Hasta Jual


Seni kriya adalah seni yang biasa disebut kerajinan tangan atau handycraft. Salah satu dari semua seni terapan adalah seni kriya, tidak hanya mementingkan keindahan saja tetapi seni yang satu ini juga mementingkan nilai guna suatu benda.

Bagaimana cara pembuatan seni kriya bernilai hasta jual? Sebelum menjelaskan bagaimana pembuatannya alangkah baiknya Anda mengetahui fungsi dan kegunaan seni kriya.

Seni Kriya

Dalam pembuatan seni kriya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,  yakni keamanan barang ketika digunakan oleh orang lain. Selain itu, juga kenyamanan saat seseorang menggunakan hasil kerajinan tersebut.

Bahkan mengutamakan kepraktisan dan fleksibel. Artinya suatu barang dapat digunakan dan dapat memudahkan pekerjaan pemakainya. Selain unsur dalam pembuatan, adapun tujuan dari pembuatan kerajinan ini yaitu sebagai benda yang dapat digunakan, hiasan, dan mainan.

Pembuatan Seni Kriya

Dewasa ini, pembuatan seni kriya dapat diproses melalui benda hasta, benda hasta yakni barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Apabila, barang bekas dibuang begitu saja dapat menjadi limbah dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Ada dua jenis contoh untuk barang bekas, yakni sampah berbentuk kering dan sampah berbentuk basah. Sampah berbentuk kering terdiri atas kertas, botol plastik, kresek, besi, kulit telur, kantong deterjen, dan lain-lain. Selain itu, sampah basah adalah sampah organik yang tentu saja berasal dari makhluk hidup, misalnya daun-daunan.

Barang bekas dapat diolah kembali untuk dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual, karena dari sampah kering dapat dijadikan dompet, tas, bingkai foto, bunga plastik, dan lain-lain. Dalam pembuatan dompet dapat dilakukan cara berikut.

1. Siapkan plastik bekas deterjen, lalu cuci bersih, kemudian gunting dan jahit sehingga membentuk pola tas. Setelah itu, pasanglah ritsleting dan produk siap dipasarkan.

2. Pembuatan dompet juga dapat dibuat dengan bahan botol soda (1 liter), caranya adalah potong bagian bawah botol kira-kira 5 cm sebanyak 2 botol, gabungkan jadi satu dan pasang ritsleting di tengahnya. Produk siap dipasarkan.

Untuk membuat bingkai foto, siapkan kardus bekas y dipotong sesuai selera, lalu lem bagian yang perlu, kemudian jika sudah terbentuk pola yang diinginkan tambahkan plastik di permukaan dan bingkai siap dipasarkan.

Itulah beberapa cara membuat seni kriya bernilai hasta jual dan semoga dapat meminimalkan limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Selanjutnya : Akhlak Mulia Dalam Pergaulan Remaja
Sebelumnya: Adakah Negara yang Termasuk Wilayah Kutub Utara?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar