Cara Penanaman Jagung yang Baik dan Benar


Tanaman jagung termasuk jenis tanaman yang tua tapi masih terus dikonsumsi dan dipelihara hingga sekarang. Di benua Eropa, tanaman jagung sudah mulai dipelihara di dalam rumah, dalam sebuah pot, tidak lagi di ladang luas yang memerlukan pemeliharaan khusus dan menyita waktu. Bagaimana cara penanaman jagung yang baik dan benar itu? Mari kita simak penuturannya berikut.

Tanaman Jagung

Seperti yang diketahui banyak orang, jagung adalah jenis tanaman yang cukup memberikan peluang mendapat penghasilan tambahan bagi petani atau mereka yang berminat mencari tambahan uang. Jagung adalah tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Artinya jumlah kalori jagung yang dimakan bisa menggantikan jumlah kalori nasi yang biasanya kita konsumsi.

Jagung yang berkualitas baik bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi dan menguntungkan. Sekarang budidaya jagung sudah mulai banyak diminati oleh orang banyak. Untuk mendapat hasil panen yang bagus, pilihlah bibit yang merupakan benih yang baik dengan daya tumbuh tinggi. Bila anda memiliki lahan terbatas, bersihkan lahan tersebut terlebih dulu dari rumput-rumput yang mengganggu dan sisa tanaman yang sudah menjadi sampah.

Buat sengkedan di lahan tersebut agar tanah bis amenampung air dengan baik. Buat sengkedan sedalam 15-20 cm saja. Atur jarak tanam untuk setiap benih sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu benih ditutupi tanah yang gembur dan menunggu benih berkecambah setelah beberapa hari kemudian. Usahakan proses pengecambahan ini tidak terhalangi oleh tanah yang mengeras. Jadi usahakan untuk selalu membuat tanah di sekitarnya gembur.

Beri pupuk yang sesuai untuk jagung. Jangan taburkan pupuk langsung ke tanamannya tapi beri jarak sekitar 3-5 cm dari batang jagung. Jagung tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh jadi sirami tanaman jagung anda cukup sehari sekali. Gunakan pestisida yang aman untuk pertumbuhan jagung untuk memberantas hama yang datang seperti ulat atau lalat.

Itulah tadi sedikit gambaran cara penanaman jagung yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Selamat mencoba bagi mereka yang ingin bertanam jagung dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Selanjutnya : Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Di Era Globalisasi
Sebelumnya: Tradisi dan Upacara Kelahiran Suku Toraja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar