Cara Penanggulangan Bencana Longsor


Tanah longsor merupakan kejadian gugurnya batuan, tanah atau material campuran dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Tanah longsor dapat dikarenakan oleh curah hujan dengan intensitas tinggi sehingga struktur tanah yang labil tidak bisa menerima resapan air dengan jumlah yang banyak hingga mengakibatkan longsor.

Ciri-ciri tanah longsor bisa dilihat seperti terlihatnya retakan tanah dilereng tebing kemudian setelah hujan muncul mata air tiba-tiba, waspada juga jika hujan masih terlihat air hujan yang menggenang karena proses peresapan tiba-tiba air hujan langsung hilang, pohon-pohon di atas lereng atau tanah miring, bangunan rumah atau tembok mengalami retak karena terjadinya pergeseran tanah, terdengar bunyi runtuhan kecil. Berikut cara penanggulangan bencana longsor.

Buat masyarakat atau orang yang hidup di pebukitan atau daerah rawan longsor dapat menggunakan tips sebagai berikut untuk minimalisir korban tanah longsor.

Pertama setelah melihat ciri-ciri di atas harap waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi, simpan dan selamatkan barang-barang berharga seperti sertifikat tanah, ijazah dan surat-surat penting serta barang berharga lainnya di tempat yang aman dan mudah untuk diambil dan dibawa ketika bencana datang.

Ketika sudah ada tanda-tanda akan terjadi longosr persiapkan logistik dan apabila ada instruksi dari pihak berwenang untuk mengungsi segera mengungsi.

Apabila Anda berada di dalam rumah rawan longsor kemudian terdengar suara gemuruh segera keluar menuju tempat yang lapang seperti lapangan sepak bola atau lapangan luas tanpa bangunan di sekitarnya.

Setelah kondisi memungkinkan Anda untuk kembali pastikan tidak ada longsor susulan. Ketika bencana tidak dapat dihindari dan menimbulkan korban jiwa perhatikan ketika mengevakuasi korban karena kondisi tanah longsor masih sangat labil jangan sampai timbul korban baru. Dan bekali diri Anda ketika mengevakuasi korban dengan perlengkapan keselamatan.

Bencana longsor bisa dilakukan pencegahannya dengan tidak membuka lahan di daerah atas perbukitan karena akan menghilangkan daerah resepan air.

Masyarakat juga bisa untuk membuat terasering pada lereng di sekitar pemukiman mereka. Masyarakat dilarang menebang pohon di kawasan daerah resepan air.

Ketika bencana datang dan banyak warga yang mengungsi karena kehilangan rumah dan harta bendanya segera dirikan tenda darurat dan melakukan pertolongan agar tidak menimbulkan korban lebih banyak.

Masyarakat juga bisa melakukan rehabilitasi untuk membantu mengurangi atau menghilangkan rasa trauma yang dialami oleh korban longsor kemudian pemerintah bisa melakukan rekonstruksi bangunan.

Selanjutnya : Artikel Warung Burjo, Prospek Bisnis Kaki Lima
Sebelumnya: Cara Mulai Bisnis Pakaian Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar