Mengetahui Cara Pencegahan Flu Burung yang Benar


Bagaimana cara pencegahan flu burun? gSempat heboh di seluruh dunia mengenai penyebaran virus flu burung yang mematikan. Penjualan ternak unggas menurun drastis di pasaran karena masyarakat takut untuk mengkonsumsi hewan yang biasa menjadi santapan sehari-hari tersebut.

Banyak sekali unggas yang dibunuh secara paksa karena terkena virus tersebut dan jutaan orang yang memiliki penghidupan dari ternak unggas tersebut merugi besar. Tapi sekarang keadaan sudah lebih baik. Untuk itu, kita wajib tahu cara pencegahan flu burung yang baik dan benar.

Vaksin Flu Burung

Pemerintah di banyak Negara menyarankan vaksin flu burung sebagai upaya pencegahan yang paling baik. Vaksin ini dikembangkan untuk mencegah infeksi dari virus H1N1 yang merupakan varian flu burung yang sensasional itu. Suntikan vaksin ini juga melindungi tubuh dari dua jenis virus flu yang diduga akan menjadi virus yang paling banyak menjangkiti orang di tahun 2012-2013.

Vaksin pencegah ini bisa diperoleh dalam bentuk suntikan atau semprotan. Semprotan vaksin disarankan diberikan untuk mereka yang sehat berusia antara 2-49 tahun dan tidak dalam kondisi hamil. Berikut ini ukuran pencegahan virus flu burung yang mematikan:

  • Jangan keluar rumah jika dalam kondisi tidak sehat. Jika terjangkit flu burung, Anda bisa menularkan virus ini dalam waktu 24 jam dan akan berakhir dalam waktu 7 hari kemudian.
  • Cuci tangan sebersih mungkin dan lakukan sesering mungkin. gunakan sabun dan air bersih atau alkohol untuk membuang racun yang menempel di tangan. Virus flu bisa bertahan 2 jam atau lebih di permukaan kulit.
  • Gunakan masker untuk menutupi mulut dan hidung ketika Anda bersih atau batuk.
  • Hindari kontak langsung dengan orang lain. Jauhkan diri dari keramaian.
  • Kurangi bertukar perlatan makan atau mandi atau perangkat rumah tangga lain secara bersamaan bila ada seseorang di dalam keluarga terkena virus flu burung tersebut.

Virus burung memang mematikan. Dengan variannya yang banyak, virus ini bisa menyerang manusia kapan saja dimana saja. Untuk itu kita harus hati-hati dan mencari tahu cara pencegahan flu burung yang menakutkan ini. Semoga sedikit pencerahan ini bisa membantu.

Selanjutnya : Tangga Lagu Menurut Channel V
Sebelumnya: Tangan Sering Melepuh dan Pencegahannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar